Selasa, 06 Oktober 2015

Mengirim Al-Fatihah Kepada Orang Tua Dan Guru, Mengapa Harus?

mengirim alfatihahkepada orang tua guru


Posisi Guru

Kajian Tuangku Syaikh Muhammad Ali Hanafiah Ar-Rabbani:
Mengapa kita mesti menghadiahkan Al-Fatihah kepada orang tua dan guru?

Orang tua adalah orang yang dipilih oleh Allah untuk di beri amanah mendidik dan membesarkan kita. beliau adalah guru pertama bagi setiap manusia. Sementara itu guru yang membimbing kita dalam tentu telah menggoreskan banyak manfaat bagi kita, terutama guru yang mengajarkan tentang masalah ketuhanan atau tauhid. maka pantaslah apabila kita menyampaikan rasa terima kasih buat mereka, paling tidak dengan bacaan surat Al-fatihah.

Guru bukanlah sumber ilmu pengetahuan. Sumber ilmu dan yang memberikan ilmu pengetahuan adalah Allah. Guru hanyalah fasilitator yang dapat menjadi media turunnya ilmu dari Allah.

Khusus dalam hal menuju Tuhan, guru adalah sparing partner bagi seorang murid untuk melatih egonya.

Orang yang tak mau berguru sesungguhnya adalah orang yang sombong. memang ilmu pengetahuan dapat kita peroleh dari berbagai sumber seperti buku, majalah, televisi, internet, dll. namun, semua media tersebut tidak akan mapu melatih ego kita karena kita sering mengakui ilmu yang dimiliki sebagai milik kita, padahal itu adalah ilmu dari Allah.

Selain itu, seorang guru yang benar adalah juga tetap dan selalu berguru pula. Bila ia tidak lagi mau belajar dan berguru, sesungguhnya dia bukanlah guru yang sebenarnya

Kajian berikutnya:

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton, sungguh rugi diakhirnya nanti.

1 comments so far

Bagus Dan sederhana

Jangan lupa jalan2 ke Blog Kami
bittercp17.blogspot.com