Rabu, 24 April 2019

Mahyeldi Larang Mandi Balimau Dijawab oleh Ust Abdul Somad

mahyeldi larang balimau dijawab uas

Walikota Padang Mahyeldi melarang warganya untuk melaksanakan Mandi Balimau, sebuah tradisi meyambut datangnya Bulan puasa yang sudah mendarah daging di Sumatera Barat dan Riau, Mahyeldi mengatakan bahwa tidak ada tradisi Balimau dalam ajaran Islam "Mari kita kosongkan tempat-tempat pemandian, lubuak-lubuak pemandian. Yang harus kita siapkan dalam menyambut bulan Ramadhan adalah niat yang tulus, hati yang suci, saling memaafkan dan menjaga silaturrahmi," ungkap Mahyeldi yang kami kutip dari Valoranews.

Lalu, apa sebenarnya Mandi Balimau itu, dan bagaimana hukumnya, bagaimankah cara pandang yang benar terhadap mandi balimau tersebut?  UAS telah menjawab persoalan ini dalam salah satu sesi tanya jawab dalam videonya. Beliau Ust. Abdul Somad mengatakan bahwa mandi balimau diciptakan oleh para ulama terdahulu adalah bermaksud baik, karena orang-orang dulu belum mengenal sabun untuk mandi, sehingga jika shalat tarawih berjamaah tentu bau masjid akan seperti bau ikan salai. Untuk itulah ulama menyuruh mandi dulu menggunakan rempah-rempah, limau (jeruk), dedaunan yang direbus petang hari menjelang ramadhan supaya bersih sehingga suasana masjid harum dan tidak bau. 

Menurut UAS yang haram dalam acara tersebut bukan mandinya, limaunya ataupun sungainya, tapi cara merayakannya yang saat ini sudah berbeda. Berbonceng berdua anak gadis dan anak bujang yang bukan mahram, berkumpulnya laki dan perempuan mandi mandi dalam di kolam renang atau sungai, adanya hiburan orgen tunggal dll.

Dan yang paling salah menurut UAS adalah mangatakan "Jika tak mandi balimau tak sah puasanya".
Dalam video tersebut UAS juga menguraikan sejarah mandi balimau, dan juga mengungkapkan bahwa ia juga dulu pernah melakukan tradisi mandi balimau.

UAS juga berpesan kepada para orang tua supaya jangan mengizinkan anak-anaknya menodai bulan suci ramadhan dengan cara mandi-mandi kesungai sehari sebelum ramadhan dengan cara berboncengan dengan yang bukan mahramnya.

Simak video UAS tentang mandi balimau;


Kajian selanjutnya:

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.

1 komentar so far

itu video UAS sudah lama sekali.
Walikota padang itu, beliau mengenal sekali syariah2 islam. Dan beliau sangat mengenal masyarakat2nya.
Jika sekarang UAS ditanya Lagi tentang keputusan Walikota Padang Maka insya Allah UAS pasti akan setuju dengan pendapat walikota