Selasa, 12 September 2017

Ustadz Abdul Somad Lc MA, Sosok Ulama Besar Indonesia Terkini

sosok abdul somad
ABDUL SOMAD, SEBUAH PANGGILAN SEJARAH
Oleh Dr. Abdul Mukti Rauf MA*

Untuk dapat mengerti Islam, seseorang harus mengerti bahasa Arab dan Ust Abdul Somad, Lc., MA mengerti ini.

Dakwah dalam Islam setidaknya berisi tentang Aqidah, Syariah, dan Akhlak. Abdul Somad adalah representasi dari sosok dai yang paham tentang seluk beluk aqidah, luas pengetahuan fiqihnya, dan paham dalam membumikan ajaran Islam dalam kebutuhan ruang dan waktunya.

Dan ini yang paling menarik, dakwahnya mengisi ruang maya yang diminati generasi Melenia di tengah tengah "keringnya" belajar Islam dalam dunia analog/maya.

Seperti membaca Kitab Ihya Ulumuddin karangan Hujjatul Islam Imam al-Ghazali yang berhasil mempertemukan Fiqh dan Tasawuf, Abdul Somad menghidupkan kembali dalam ulasan ceramah ceramahnya, semangat Ihya dengan bahasa yang sederhana, gampang, dan mudah dicerna.

Tasawuf direngkuh untuk menghaluskan jiwa dan mengindahkan akhlak dengan "tehnik fiqh" yang jelas dalil dan sanadnya. Karena ia juga berwawasan al-Qur'an dan Ulumul Qur'an Hadis dan ulumul hadis, Fiqh dan Ushul Fiqh, maka soal BID'AH pun mudah diatasinya.

Akhirnya, kehadiran sosok Abdul Somad adalah panggilan sejarah untuk menguatkan, menginspirasi, menyatukan demi tegakknya nilai-nilai Islam dalam kemajemukan Nusantara.

Tetaplah ber-Islam
Tetaplah meng-Indonesia
Tetaplah ber-aswaja untuk Islam yang rahmatan lil alamin.

* Wakil Katib PWNU Kalbar
* S1 Aqidah Filsafar IAIN (UIN) Suska Pekanbaru
* S2 & S3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton, sungguh rugi diakhirnya nanti.