Rabu, 12 Desember 2018

Festival Silek Tradisi Minangkabau di RTH Solok Selatan 2018

festival silek tradisi minangkabau

Kelompok Sadar Wisata (POK DARWIS) Codanger Nagari Pasar lamo Muaro Labuah Solok Selatan bekerjasama dengan Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau cabang solsel menyelenggarakan sebuah festival Silat yang bertema Galanggang Silek Tradisi Minangkabau yang akan dilaksanakan pada tanggal 15, 16 Desember 2018 yang bertempat di Ruang Taman Hijau (RTH) Muara Labuh.

"Silek tradisi adalah sasampiang datuak/pangulu jadi datuak/pangulu, tuanku/rajo, niniak mamak harus di libatkan dan di gadangkan dalam kegiatan. Peserta dari Sasaran Silek Tradisi Minangkabau di Solok Selatan, Acara festival Silek Tradisi ini akan dihadiri oleh Peserta maksimal 30 sasaran, dengan 4 pasang anak sasian persasaran" Ungkap salah seorang pengurus Pahimpunan Silek Tradisi Solok Selatan Bripka Rino Satria yang kami hubungi lewat Messenger. 

"Untuk kegiatan Gelanggang Silek Tradisi besok dirancanakan, di mulai dari balai adat di Kotobaru, kemudian niniak mamak, pandeka/guru beserta kaum ibu/bundo kanduang dan anak sasian akan ba arak/pawai ke RTH. Kemudian satu catatan penting, acara galanggang Silek Tradisi ini harus bebas dari unsur politik" ungkap Bripka Rino yang sehari-harinya bertugas di Polsek Sangir Balai Janggo.

Acara festival ini juga di dukung oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Solok Selatan, Pemerintahan Nagari Pasar Muarolabuah dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) cabang Solok Selatan.

Susunan acara festival;


Foto pertemuan POK DARWIS Codanger dengan Pahimpunan Silek Tradisi Solok Selatan di Balai Janggo dalam rangka "menggodok" acara Galanggang Silat Tradisi Minagkabau di RTH Muara Labuh


Next:

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.