Jumat, 22 September 2017

Pemko Padang Instruksikan Nobar Film G30S-PKI Kepada Seluruh Sekolah SD dan SMP



Pemko Padang keluarkan surat edaran ajakan para siswa SD dan SMP di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyaksikan film sejarah G30S/PKI. Surat itu ditujukan kepada Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan se-Kota Padang dan Kepala Sekolah SMPN dan SMPS se-Kota Padang ditembuskan ke Wali Kota Padang, Wakil Wali Kota Padang serta Sekda Kota Padang.

Sehubungan dengan rencana tersebut, para siswa SD dan SMP disuruh nobar (Nonton bareng) film G30S/PKI di sebuah TV lokal Padang pada Sabtu 30 September 2017 mendatang dengan didampingi orangtua. Mereka juga diminta menyiapkan resume hasil nobar G30S/PKI.

Dalam surat edaran tersebut, para siswa SD dan SMP menulis resume film G30S/PKI diserahkan kepada walikelas atau guru IPS/Sejarah dan bagi sekolah untuk melakukan penilaian terhadap hasil resume tersebut dan kemudian menyediakan hadiah bagi para pemenang juara I, II dan III serta harapan.

Kabid Pendidikan Dasar Kota Padang Barlius membenarkan isi pesan berantai tersebut memang dari instasinya. "Iya betul," kata dia saat dimintai konfirmasi Minangkabaunews, Jumat (15/9).

Menurut Barlius, generasi muda Kota Padang perlu mengetahui fakta sejarah tentang G30S/PKI.

Sementara itu, Kesbangpol Kota Padang, Mursalim juga mengakui keaslian surat edaran yang berasal dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Padang tersebut, "Iya surat edaran nonton film G30S/PKI itu asli," ujar Mursalim dalam pesan Whatapps-nya.

Sebelumnya, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti menilai film Pengkhianatan G30S/PKI tidak patut ditonton anak-anak.

"Film Penghianatan G30S/PKI tidak patut ditonton anak-anak, karena dalam film tersebut muncul beberapa adegan sadis dan penuh kekerasan," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti.

Berikut ini isi surat edaran ajakan menonton film G30S/PKI untuk siswa se-Kota Padang

Source: minangkabaunews.com

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.