Kamis, 16 Maret 2017

Zikir HU Adalah Ungkapan Rindu Dan Cinta Para Sufi



Perjalanan ruhani adalah perjalanan rasa jasmani kepada rasa ruhani menuju rasa nurani yang merasakan kehadiran Allah, kedekatan, dan kenyataan Allah.

HU adalah ungkapan rindu dan cinta untuk menemukan nama yang bernama Allah. Ketika ketemu nama, lidah Rasulullah saw dapat menyatakan La Ilaaha Illa Allah. Melalui nurani, para nabi menemukan Allah.

HU merupakan jembatan ruhani untuk mengarungi Lembah Suci yang bernama Tuwa. Untuk melewatinya, seorang hamba harus melepaskan kedua terompah, yakni akal dan hawa nafsu.

Ketika hendak berzikir HU, hapuskan segala rencana-rencana dalam pikiran kita ketika nanti selesai zikir. Anggap saja itu adalah waktu dan kesempatan terakhir untuk mendatangi Allah.

Nama "Allah" merupakan nama yang diridai Tuhan atas diri-Nya. Nama inilah yang akan ditemukan di nurani. Mengapa di nurani? Karena nurani merupakan sifat Allah.

Dengan menemukan nama di dalam nurani, maka kita akan mengetahui apa tujuan hidup kita, yakni untuk menyembah kepada Allah.

Nama yang ditemukan di nurani bukanlah huruf atau suara, melainkan suatu kenyataan yang lebih nyata dari apa pun. Inilah yang disebut penyaksian atau musyahadah

Oleh: ( Tuangku Syeikh Muhammad Ali Hanafiah Ar-Rabbani )

Selengkapnya : ZIKIR HU Pengertian Makna Dan Tujuannya ( Metode Zikir Sufi )

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.