Kamis, 17 Oktober 2019

3 Karakter Pemimpin Pilihan Tuhan yang Wajib Dimiliki

karakter pemimpin pilihan Tuhan
3 ulama sufi; Syeikh Rohimudin, Syeikh Sabban, Tuangku Syeikh M Ali Hanafiah

Ada tiga karakter seorang pemimpin, leader atau amir yang mesti dimiliki oleh seseorang apabila ia betul betul dipilih oleh Tuhan. Tiga sifat yang harus melekat pada diri seorang pemimpin ini, apabila benar ia adalah pilihan Tuhan yang di amanahi untuk menjadi leader bagi umat, telah dijelaskan oleh Rais Mustyasar Dewan Ulama Thariqah Internasional Indonesia Tuangku Syeikh Muhammad Ali Hanafiah Ar-Rabbani.

Sesungguhnya ada 3 sifat dasar yang wajib dimiliki seorang pemimpin, bila pemimpin tersebut merupakan pilihan Tuhan untuk hamba hambaNYA ;

1. Memiliki sifat mudah memaafkan dan tidak berat utk meminta maaf, karena memaafkan dan minta maaf bukanlah ukuran dari sebuah kesalahan dan kebenaran tetapi merupakan bentuk nyata kelembutan hati yang telah istiqamah seseorang hamba.

2. Mempunyai sifat selalu berterima kasih, baik kepada pemimpin, sejawat bahkan kepada orang orang yg dibawah pimpinannya. Ucapan "terima kasih" merupakan gambaran hati seseorang yang selalu bersyukur kepada Allah tanpa mempedulikan besar atau kecilnya sebuah pemberianNya.

3. Mudah menerima nasehat yang datang, sekalipun dari orang orang yang ia tidak suka, karena sebuah nasehat yang baik dan benar tidak mesti datang dari pintu yang bagus bagi dirinya. Maka seseorang yang mudah menerima nasehat kebaikkan sekalipun dari seorang penjahat besar merupakan tanda tanda bila hatinya telah siap menjadi gudang ilmu Allah SWT.

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.