Sabtu, 01 Juli 2017

Perseteruan Ustadz Abdul Somad Lc MA Dengan Ustadz Wahabi Zainal Abidin

perseteruan abdul somad dg wahabi

1. Tentang “Wahabi”

Ustadz Abdul Shomad menyatakan bahwa kelompok yang suka mengkafir-kafirkan dan gampang membid’ahkan adalah agen Yahudi (Amerika-Israel). Al-Ustadz Zainal Abidin hafizhahullah tampak tak terima dengan statement itu. Beliau menterjemahkan sendiri apa yang disampaikan Ustadz Abdul Shomad itu bahwa arahnya adalah kelompok “Salafi”. Padahal, Ustadz Abdul Shomad tidak menyebutkan nama kelompok. Ia menyebutkan sifat secara umum. Maka, sambil tersenyum syahdu saya ingin mengatakan: kalau Al-Ustadz Zainal Abidin tidak merasa sebagai kelompok yang suka mengkafirkan dan membid'ahkan, lalu mengapa sewot dan marah? Atau “wahabi” itu memang ada dua model? Wahabi garis lurus dan wahabi garis miring? Atau bagaimana?

Baca:


2. Masalah Jenggot

Ustadz Abdus Shomad menyatakan bahwa pelihara jenggot dalam mazhab syafi'i adalah sunnah tidak sampai taraf wajib (fardu ‘ain). Dan sikap pribadi beliau yang sengaja tidak memelihara jenggot dengan alasan karena jika dipelihara justru seperti tusuk sate, katanya. Namun, Al-Ustadz Zainal Abidin hafizhahullah seakan tidak terima dengan pernyataan itu dan menganggap bahwa Ustadz Abdul Shomad pembawa syubhat. Walhasil, beliau membawakan kalam Imam Syafi'i tentang larangan mencukur jenggot. In sya Allah kami akan sampaikan kepada Ustadz Abdul Shomad agar hendaknya beliau memelihara jenggot sesuai keumuman perintah baginda Nabi yang mulia dan nasehat ini berlaku pada kita semua sebagai para pecinta Rasulullah untuk tidak menyepelekan Sunnah-sunnahnya, wallahul musta’an.

Tanggapan kami: Kalau kita bicara fiqih, memang pendapat mu'tamad madzhab Syafi'i adalah makruh mencukur jenggot. Tidak sampai kepada haram. Kalam Imam Syafi'i dalam kitab Al-Umm bisa saja bermakna makruh.

Al-Ustadz Zainal Abidin hafizhahullah seperti sibuk mencari kesalahan Ustadz Abdul Shomad, tapi disisi lain Syaikh Al-Albani rahimahullah mengharamkan memelihara jenggot melebihi segenggam tangan, beliau justru seakan bisu.

Dalam kitab Fatawa Asy-Syaikh al-Albani:

السائل: يقول السائل والسؤال ما سمعنا تفصيله سمعنا بأنكم تقولون إن إسبال اللحية من إسبال الثوب هذا قولكم؟
الجواب: نعم.
السائل: معنى هذا ما طال عن القبضة يحرم إسباله؟
الجواب: نعم هذا أسبق الكلام فيه أنه يحرم إسبال الحية فوق القبضة كما يحرم إحداث أى بدعة في الدين.
فتاوى الشيخ الألباني، ص: 52-53

Penanya: “Kami telah mendengar bahwa anda berkata sesungguhnya isbalnya jenggot sama dengan isbalnya pakaian, apa ini perkataan anda?”

Jawab Syaikh Al-Albani: “Ya”.

Penanya: “Ini maknanya memanjangkan jenggot melebihi genggaman diharamkan?”

Jawab Syaikh Al-Albani: “Ya. Ini perkataan yang paling tepat dalam masalah ini, bahwa haram isbal jenggot melebihi genggaman tangan sebagaimana haram perkara-perkara baru yaitu bid'ah dalam agama”. (Lihat Kitab Fatawa Asy-Syaikh Al-Albani halaman: 52-53)

3. Masalah Isbal

Isbal adalah memanjangkan pakaian melebihi mata kaki (bagi laki-laki). Banyak hadits yang melarang isbal dan mengancamnya dengan neraka. Akan tetapi Ulama telah berselisih pendapat (khilaf) dalam masalah ini sejak dulu. Letak khilafnya adalah: "Apakah isbal tanpa ada rasa sombong itu haram atau tidak", nah disinilah letak khilafnya. Sebagian Ulama berpendapat bahwa isbal haram secara mutlak, sebagian ulama lagi berpendapat bahwa isbal itu tidak haram jika tidak disertai kesombongan. Minimal, hukumnya makruh. Secara pribadi, saya memilih pendapat bahwa isbal adalah haram secara mutlak (baik disertai kesombongan maupun tidak) dan inilah pendapat rajih yang lebih menenangkan hati. Namun, dalam kitab syarhul ‘umdah Syaikhul Islam bnu Taimiyyah berpendapat bahwa Isbal itu tidak haram jika tidak disertai kesombongan. Apakah kita berani mengatakan bahwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah itu “PEMBAWA SYUBHAT”?

Al-Ustadz Zainal Abidin secara tersirat mengharamkan isbal secara mutlak dengan membawakan riwayat dari Imam Ahmad bin Hanbal, itu bagus...!

Pertanyaannya adalah, apakah Imam Ahmad tidak paham terhadap apa yang beliau riwayatkan sendiri?

Dalam kitab Al-Adabu Syar'iyyah tertulis:

وقال في رواية حنبل: جر الإزار إذا لم يرد الخيلاء فلا بأس به وهذا ظاهر كلام غير واحد من الاصحاب
الآداب الشرعية، ج: 3 ص: 521

“Dalam satu riwayat Hanbal berkata: Isbal manakala tidak dengan sombong maka tidak mengapa. Dan zhahir perkataan ini tidak hanya dikatakan oleh seorang dari sahabat-sahabat -Imam Ahmad-. (Baca kitab Al-Adab Syari'iyyah, juz 3 hlm.521)

Jangan sampai ada kesan mengambil riwayat imam ahmad tapi tidak mengambil pendapat imam ahmad.

Intinya, dalam masalah isbal saya sepakat dengan Al-Ustadz Zainal Abidin hafizhahullah. Memilih pendapat rajih yang menenangkan dan keluar dari perselisihan Ulama adalah jalan yang lebih aslam (selamat). In sya Allah saya akan sampaikan kepada Ustadz Abdus Shomad tentang keutaman-keutaman mengenakan kain di atas mata kaki berdasarkan perintah baginda Nabi yang mulia. namun, sebagai da’i maka tugas saya hanyalah menyampaikan, memberi pandangan dan menunaikan amar ma’ruf, bukan memaksakan kehendak agar orang harus sama seperti saya. Karena da’i itu adalah obat bagi ummat, namun kesembuhan hanya ada pada kuasa Allah Ta’ala.
( Ustadz Maheer At-Thuwailibi )

Selanjutnya:

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.

70 komentar

Dari beberapa ceramah ustadz somad belaiu tidak pernah ingin berseteru... bahkan selalu menyampaikan beberapa pendapat baik tentang jenggotwupun celana diatas mata kaki... klo pun ada yg ingin berseteru saya rasa merekalah yg kurang ikhlas menerima perbedaan pendapat

Ustadz Somad pembela ahlussunnah waljamaah, beliau sdh mengajak duduk utk dialog, wahabi kok nolak?

Ceramah ust abdul somad sangat bagus diikuti. beliu selalu ketika ada perbedaan pendapat pasti menggunakan 4 mazhab agar semua orang awam bisa paham.

Yang diperlukan seorang da'i saat ini adlh sosok yg ada pada ustd.Abdul shomad santun dlm bicara tawadlu dan memandang perbedaan dg ilmu

Saya sependapat apa yang dikomentari , LINARNI , ANOMIN MAOU SUBS & B,
tentang Ceramahnya Ustad Abdul Somad, SEMANGAT TERUS

Tidak memelihara jenggot karna jelek kalo berjenggot, om simad mmgnya ganteng kalo tidak berjenggot?
Om somad mau berjenggot ato tidak sara rasa ttp tidak enak dilihat...
(Ngeyel untuk tidak berjenggot), kata nya cinta nabi tp kayanya gak banget...
Om somad jelas2 menuduh salafi sebagai agen yahudi, meskipun tidak disebut tp org bodoh pun tahu arah pembicaraannya...
Pada kesempatan lain, om somad juga menjelek jelek kan abdul wahhab, tp abdul somad siapa dibanding abdul wahhab??????
Gaya bahasa penulis cendrung tidak fair, ya karna aswaja yg nulis sih

sunnah rasul tu memanjangkan jenggot ajakah?. kan situasiolal?

Menang gelar doang....manhajnya g jelas...yg jelas tdk menyukai sunnah tu abdul somad.

Banyak banyak puasa sunnah.. Sholat malam... Sedaqoh... Membantu fakir miskin.... Jauhi riba... Jadi manusia jgn pelit... Membantu saudara yg kesusahan.... Gara2 masalah pelihara jenggot jd masalah.. Wadduuuhhh.. Plizzz dehhhhh

Bicara sunah tapi Suka membid ahkan orang, itu Ajaran nabikah

Kalau menunjuk perorangan langsung, eh antum bidah!!,ini keliru ayah dinda. Namun apabila ada ust yg sedang mengkaji suatu amalan dinilai dr hukum syari, kok kalian sewot? Ya kalau ga merasa ya sudah, kalaupun merasa dan tersinggung anggap sj kalian ahlul bidah hasanah. Selesai kan?

Ust Abdul Somad semakin ditahdzir Wahabi tp Alhamdulillah malah semakin bnyk dicintai ummat.

gombloh ko dipelihara bro tamim, ulama enteng membid'akan amalan aswaja, sdh daripada capek debat ujungnya km keras kepala jgn, mending km dtg gw, sini kubikin km debat sama mungkar naksir enak kan

abdul wahhab siapa dibanding Nabi Muhammad sholallohu alaihi wa salam????
Kalo bicara fair sono di lapangan bola... Ada wasitnya

Jawaban ngga mutu, kalian ahlul bidah hasanah bisanya bubarin masjid. Manusia hina yg menghalangi orang lain menyebut nama tuhannya dan ingin merobohkan masjid..... sebagaimana tertulis di alquran.
Adu hujjah dg dalil, alhamdulillah setelah puluhan tahun sy mengkaji ilmu dan menjadi keluarga besar dr ngaNU akhirnya sy keluar keluar dan memahami semua secara lebih luas dr sudut.pandang kebenaran lain

Benar, saya setuju pendapat antum

Andai rasul tak bejenggot kau mau kata apa.saudaraku yg kita wajib serap ilmu nya bukan mpermsalahkn bejenggot atau tidak nya

seandainya jamaah salafi mau mendengarkan kata hatinya niscaya mereka akan beralih untuk mejadi jamaah ustadz somad, kecuali yg ada kemunafikan di dalam qolbunya. ustadz salafi blm apa2 dibanding ustadz abdul somad. suer!

Assalamu Alaikum, nuwun Sewu... Wahai saudaraku yg mengaku dirinya Wahabi... Kalian benar... Asal... Tidak menghakimi saudara muslim yg lain... Jgn merasa paling benar...
Karena kebenaran hanya milik Alloh SWT...

Saudaraku, jgn merasa menjadi org yg paling benar terus menyalahkan org benar lain... Jgnlah sesama muslim mendoakan saudaranya masuk neraka... Santunlah dlm amar ma'ruf itulah sunah dr Rasullulah yg wajib kita tiru

Jenggot kok jd masalah. Mbah mu aj paling g ad jenggot hadeww

Kalau berjenggot itu Sunnah, tp tidak berjenggot apakah dosa...kalau hanya berjenggot orang Yahudi banyak yg berjenggot...orang Romawi..itu iklan KFC berjenggot... berarti mereka melaksanakan Sunnah ? Masyaallah...cinta pada nabi diukur hanya dari jenggot nya?

Waalaikumsalam,Menghakimi gimana om? Klau ada org yg menasehati saudaranya yg lain knpa dianggap merasa paling benar, klau bgitu untuk apa ada ustadz/kiyai/ulama di dunia ini?kan tujuannya saling menasehati. Coba deh om nasehati org yg berbuat maksiat!pasti jwbannya sama/senada dgn jwban om"jangan merasa paling benar...", Itulah resiko berdakwah. Klo masalah diterima atau tidaknya dakwah tsb trserah mereka(hidayah milik Allah).

Mereka tidak mau duduk.krn kalah ilmu,pandangan mereka sempit. Padahal islam tu sgt luas

Pakaian kepanjangan masuk neraka????ga pelihara jenggot ga ngikuti sunah????kepo amat WAHABI ...masalahnya sudah selesai berabad abad yg lalu,Ust abdusomad pun udah menjelaskannya hilafiah tersebut

Somad LC mengkafirkan orang yang percaya Allah diatas langit, cek ke YouTube... Dilain sisi Somad LC mengkafirkan orang yang tidak percaya isra mi'raj (Rasulullah menemui Allah diatas langit)... Alhamdulillah tuduhan berbalik kepada dirinya, semoga ia diberi hidayah

Ustd abdul somad,,,yesss ceramahnya mencerahkan
dgn luas,,,, bukan mmbrikan hujatan nada sombong dgn ilmu (kmbali pada terjemahan al-qur'an dan hadits) hahaha ciapa elo

Hidayah adalah mutlak hak Allah Azza Wa Jalla. Tugas kita adalah selalu berusaha agar Allah Azza Wa Jalla ridho untuk menganugerahkan hidayah kepada kita

Kesimpulannya.
Ini bukan debat aswaja vs wahabi, tpi NU garis lurus vs wahabi garis lurus.
Ustadz Abdul Somad masih doyan mnjalankan yg makruh2..

Marilah kita pelajari dalil-dalil yg menyatakan suatu pendapat itu benar atau salahnya, tanpa ada perdebatan perbedaan selama kita masih dalam satu ukhuwah islamiah karna hal demikianlah yg melahirkan golongan2 yg harus kita minimalisasikan keberadaannya, untuk itu saya mengajak saudara2 muslim untuk tidak saling berselisih pendapat apalagi saling menghujat dan menyalahkan pendapat orang lain, karna dalam dakwahnya rosulallah tidak mencontohkan hal hal yg demikian, jadi tidak ada sunahnya menyelesaikan masalah perbedaan seperti yg saudara2 lakukan sa,at ini, lebih baik kita menunjukan ahlak yg mulya seperti sikap rosulallah daripada kita berteriak teriak yg belum tentu terdengar oleh saudara2 kita, bukankah jika kita melakukan sesuatu kebaikan untuk diri sendiri yang kemudian diikuti oleh orang lain, itu dakwah juga ???

Justru kebalik Bray. Ustad Abdul Somad berhujjah dengan pendapat Ulama. Padahal pendapat ulama tidak bisa dijadikan Hujjah untuk ulama yang lain. Perbedaan pendapat itu memang ada tapi Sebagai penuntut ilmu yang baik harusnya kita bisa memilih pendapat mana yang paling rajih

1. Wahabi itu apa, tanya sama yg dituduh Wahabi.
2. Jenggotan bagus (sunnah). Yg gak mau bagus mikir...
3. Gak isbal benar (sunnah). Yg gak mau sunnah tanya diri, apakah sy sombong (menolak kebenaran) ?

Ibarat receh, paling berisik. Biasanya yg berisik ini baru beberapa kali saja mengikuti pengajian salafi, sudah merasa banyak ilmu. Padahal, ustad salafi seperti ust. Khalid begitu santun dalam dakwah, dan berteman baik dengan ustad2 di luar salafi.

Abdul haris. Betul saudaraku sy stuju. y intinya siapa yg tidak mencintai & mengikuti sunnah nabi maka bukan termasuk kaum nya.. sunnah disini bukan artinya ditinggalkan tidak apa2 dan dikerjakan mndapat pahala. Tapi sunnah maksudnya apa yg di ajarkan nabi. Wallahu alam

yg lebih penting lagi, jangan ditibggalkan sholat 5 waktu minimal. itu pertama yg dihisab, dan disitu pula kita selalu minta petunjuk dan keselamatan. jangan pelajari ilmu yg lainnya sampai lupa sholat. Bahkan jangankan ilmu ilmu yg lain, bacaan dalam sholat itu aja banyak yg ndak tahu artinya/maknanya, walaupun berpuluh puluh tahun sdh diucapkan dal sholat. Bagaimana ngamalkan yg kita baca itu, sementara kita tdk tahu apa artinya/makbya? Dan lebih parah lagi tdk tahu apa itu rukun Islam dan iman sementara katanya beragama islam. Mohon maaf ini hanya analisa saya saja. Smg Alloh SWT membimbing kita ke jalan yg diridhoibya, Aamiin.

kalau pembela ahlussunnah waljamaah harusnya tidak mengolok2 masalah jenggot, itu berarti sama saja yg diolok2 adalah Rosululloh

susah kalau ngasih nasehat sama orang yang ngku cinta Nabi tapi masih ngolok2 masalah jenggot

Kalo cinta sma baginda Nabi Muhammad ﷺ,, ,maka ikutilah sunnahnya,, ,trmsuk mmlihara jenggot,, (gapapa trlihat jlek dimata oranglain,) apa salahnya? Asal rapi tidak acak acakan,, ,cuma menyarankan 😊

Bukan olok olok,,tapi di beritahu,,belajarlah dengan guru,dan jangan sempit pemikirannya

Baca tentang kisah abdul wahab ,,bagaimana dia membantai dan menghalalkan darah muslim,yang tidak sependapat dengannya,,baca juga kisah pembelajaran ilmunya abdul wahab,bagaimama dia di tentang oleh gurunya sendiri,,abdul wahab itu wahabi bukan salafy,salafy itu sunna, wahabi itu ciptaan misionarin inggris/doktor templer...bloon lu

Ya Allah.... mengapa saudaraku se iman saling menjatuhkan..... wahai saudaraku bersatulah atas nama islam. Perbedaan itu selalu ada krn menyangkut keyakinan, dan perbedaan itu indah. Jgn d jadikn perbedaan itu menjadi alat untuk memecah belah umat. Semoga kita selalu di rahmati oleh Allah SWT.

kita udh tertinggal jauh dr umat muslim negara lain klo msih berdebat soal ini.
smua perbedaan kan udh ada pegangan dalil masing2. mari bersatu dan membangun Islam agar lebih maju dan tidak diinjak2 sm kaum non muslim.
apa smua ga sadar klo perpecahan ini bikin senang umat non muslim?

Sunah Rosul itu apa saja sih? saya orang awam. mau belajar. bagai mana caranya menumbuhkan/melebatkan jenggot agar saya punya jenggot.

gk jelas apa yang di ributkan dan di perdebatkan padahal sama2 Muslim dan yang di ributkan juga tidak penting toh kita sama Muslim

Yang mau berjenggot silahkan,yang gak mau silahkan ......sekarang yok kita sholat berjamaah yok,kan tujuannya sama kalo kita sholat sama-sama,toh Allah dak akan memandang rupa kita,mau dia klimis ganteng tanpa jenggot,atau dia berjenggot sampe menyentuh tanah...yang Allah pandang itu ketaqwaan kita.Tapi,ambil yg bagusnya,kalo kita berjenggot dan gak isbal berarti itu adalah salah satu pemelihara kita dalam beribadah,kalo sehari-hari kita pakai celana gak isbal dan berjenggot kan malu tuh udah terdengar adzan koq msh aja kerja dunia. Masuk diskotik,mana mungkin malah ntar disuruh keluar sama skuriti,masuk supermaket,ah enggan ah ntar orang2 pada ngeliatin ente....Yang pasti kalo dah gak isbal sehari,-hari dan berjenggot pasti pikrnya mau ke mesjid stiap waktu,dan berusaha dakwahin orang tuk sama-sama ke mesjid

ngapain belajar dengan ulama dusta yg mengatakan

- saudi arabia sekarang maulid
- riwayat palsu yg mengatakan Rasulullah lahir api yg 1000 th majusi padam
- mengatakan Rasulullah 13th gagal dalam membangun "Rahmatan lil Alamin"
- menghina ciptaan Allah dengan mengatakan pesek
- mengatakan orang cina sama dengan syetan
- dan masih banyak yang lainnya

terlalu banyak syubhat lebih baik belajar dari ulama sunnah lebih selamat


soal dikit-2 Bid'ah, MASAK BUKAN sUNNAH KITA kATAI SUNNAH ? RUSAKLAH agama & AKAN KALAH DARI KAFIR WALAU KITA RAME = SAAT INI,JUGA SAAT SUFI MAJU 1099 DALAM PERANG SALIB KITA BISA DIBANTAI, SAAt ini biksu budhha pun bantai kita (rohingya) padahal disamping negara bangladesh/india (yg sufi)
dan udah ada hadits :..
Ada kaum yang berkata apa yang tak diperbuat (Sunnah) BERBUAT APA YANG TAK DIPERINTAHKAN (BID'AH)
..yang berjihad melawan Mereka (Ahlul Bid'ah) serendah-rendahnya dgn hati (Mengingkari/Benci) maka ia mukmin
Jika tak berjihad dgn hati : MAKA TIADA IMAN WALAU SEBESAR DZARRAH
(lihat HR MUslim )

abdul Wahhab DICELA OLEH AHLULBID'AH & ORANG BODOH, BELIAU DIPUJI oleh Para IMAM seperti : IMAM SYAUKANI PENYUSUN NAILUL AUTHAR, IMAM ASH SHA'ANI penyusun SUBUUSSALAM

SUNNAH YG GAMPANG (TINGGAL DIBIARIN) AJA TAK DIBUAT, BAGAIMANA LAGI YG BESAR??
ADA YG KATA : URUS BULU DIBADAN AJA TAK BERES, GIMANA URUS UMAT??
LOGIS JUGA KALAU DIPIKIR YA

DALAM ISLAM TAK ADA YG KECIL, SEMUA BESAR HANYA ADA YG LEBIH BESAR SPT BAB AQIDAH & MANHAJ
KALAU MENGECILKAN SUNNAHINI TANDA ORANG BODOH, WONG NABI & SAHABAT SERTA IMAM 4 (YG PINTAR-2/BERILMU) AJA TETAP BERJENGGOT, JADI IKUT SIAPA YG TAK PIARA JENGGOT???

KALAU YG BID'AH MASAK DIKATAI AHLUSSUNNAH?? PENDUSTA NI ORANG,
BID'AH YA SESAT KARENA BEDA DGN SUNNAH, HANYA ADA BID'AH YG PARAH SPT : CACI PENGUASA & CELA KIBAR ULAMA MADINAH

"TIKAMAN (Celaan)- MU TERHADAP PENGUASA ADALAH AWAL NIFAQ (rIWAAT aBU dAUD)

HR MUSLIM ; MADINAH LEBIH BAIK BAGI MEREKA ...
SIAPA YG ...(BURUK)PADA AHLUL MADINAH IA ..BINASA .."
NABIBERDO'A:
.. YA ALLAH JADILAH KAMICINTA MADINAH SEBAGAIMANA MAKKAH, BAHKAN LEBIH..

SEMENTARA AHLULBID'AH / HIZBI : SAMA / BAHKAN LEBIH CINTA TARIM, TURKI, RI DLL KETIMBANG MADINAH

KAEDAH : AHLUL BID'AH/ HIZBI WALAU BEDA-BEDA TAPI SEMUANYA MUSUHI AHLUSSUNNAH (KIBAR ULAMA MADINAH & YG SEMANHAJ INSYAA-ALLAAH)
JUGA CACI-KAFIRIN PENGUASA YG SALAH APALAGI MENENTANG MEREKA

AHLUSUNNAH MENASEHATI DGN HIKMAH DAN DO'AKAN PENGUASA (JUGA ORG TUA, SUAMI & TETANGGA) BILA SALAH SERTA TIDAK KAFIRI PENGUASA & KAUM AWAM WALAU NENTANG MEREKA
(SELAIN YG MEMANG BUAT KEKAFIRAN/KESYIRIKAN AKBAR)

abdul Wahhab DICELA OLEH AHLULBID'AH & ORANG BODOH, PADAHAL BELIAU DIPUJI oleh Para IMAM seperti : IMAM SYAUKANI PENYUSUN NAILUL AUTHAR, IMAM ASH SHA'ANI penyusun SUBUUSSALAM,
IKUTILAH PARA IMAM BUKAN orang bodohyg Dianggap berilmu

Maaf selama ini kami mempelajari para sahabat lewat tingkah laku dan budi pekertinya. Hal ini memberi tauladan dan tuntutan kepada kami. Namun baru2 ini ada golongan yang mempelajari para sahabat hanya menitik beratkan pada jenggotnya dan mulai menyalahi umat lain. Akhlak dan tingkah laku para sahabat yang harus kita wariskan. Kalau masalah khilafiah biarlah urusan masing-masing

Saya lihat uas baik di satu sisi, disisi lain sering memperlihatkan ketidaksukaannha terhadap orang yg tidak setuju dengan kegiatan tahlilan dan maulid dengan menuduh mereka ahli bidah..

Akhi semua...kita mengaku mengikuti Sunnah, tp ketika diajak dialog ttg khilafiyah, mlh nggak mau, justru menghina dan membid'ahkan... herannya ustadz Abdul Shomad yg kajian ttg hadits Rasulullah sampai menyelesaikan S2 nya, kok disalahkan orang bodoh baru belajar agama dan belajarlah baru kemaren sore...aneh ya...begitu juga ustadz 2 yg mengaku paling benar mengikuti Al-Qur'an hadits, ketika Al-Qur'an dihina simbol Islam dilecehkan, knp tidak nampak batang hidungnya.. takut hilang populeritas...? Apa seperti itu karakter Wahabi...? Sibuk membantah khilafiyah dan adem ayem agamanya di hina...

Bid'ah atau tidak standarnya adalah Qur'an dan Hadist. Jika pendapat ulama berbeda dengan Qur'an dan Hadist jauh lebih baik ditinggalkan. Agama adalah nasenat yaitu saehat menasehati dengan kebenaran bukan kedustaan. Demikian juga dengan hidayah, hidayah milik Allah kita tidak dapat memberi hidayah. Setiap perkaatan dan perbuatan akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah.

Setuju om

Yg ikut somad, silah kan ikut somad
Yg ikut ustad2 yg ngakunya salaf, y silah kan ikut ustad2 tersebut.
Mudah2an kalian semua nanti bertemu d surga...

Aneh...
Berdebatnya g sudah2...

Padahal Tuhannya Sama
Nabinya sama
Al-quran nya juga sama

dua-duanya menurut saya salah !!
yg satu ngatain org lain antek yahudi,
yg satu ngatain org lain pelaku syubhat,

jika ust. Somad yakin jenggot bukan wajib, tabayun dgn yg mengatakan wajib.
jika ust. Khalid yakin jenggot wajib, tabayun dgn yg mengatakan sunnah.

jika kedua dalilnya kuat, sudah jangan diungkit masalah itu, yakini saja apa yg kita anggap paling kuat,

malah ngata-ngatain dan memojokan pihak lain.

Memang kita sesama muslim harus saling menasehati, tetapi kita tidak bisa memaksakan kehendak

Yang sejuk mungkin jika kita mengaku saudara se iman mari memelihara diri sendiri dari sebuah keyakinan yg kita yakini benar adanya tapi bukan berarti menyalahkan orang lain yg berbeda dengan kita...karena hakim dan kebenaran MUTLAK milik ALLAH.

hari gini masih ngeributin masalah khilafiyah. kalo ust adb. somad menyampaikan dalil maka sanggahlah dengan dalil, berdiskusilah, jangan menyerang lewat medsos

Wahabi memang keras kepala dan sombong. Sempit pikiran,merasa paling benar, tdk ada rasa mahabbah kpd sesama muslim. Sok menggurui. Tdk mau mendengar pendapat orang lain, menutup hati dan telinganya dari kebenaran yg bukan bersumber dari pendapat mereka. Saran saya jangan ditanggapi komen mereka. Buang energi saja.

Trus yg bner itu yg mana?gx da ujungnya..

hoax,,,,antum menyebar hoax.

Setuju dengan antum "kurafatahayul". Ini yang nulis soalnya muridnya ya pasti yang salah ditutupi yang benarnya saja dikeluarkan. Isi blog nya tidak bermanfaat. Ya Allah berikanlah hidayah kepada orang yang menuli ini.