Minggu, 23 April 2017

Tempat Wisata Menarik Di Solok Selatan Sumatera Barat

tempat wisata solok selatan sumatera barat

Ayo ke Solok Selatan. Negeri Seribu Rumah Gadang dengan seribu keindahan yang tersebar di setiap pelosok negerinya. Kabupaten Solok Selatan memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, yang akan memberikan rasa puas bagi siapa saja yang mengunjungi.
Rahmat Allah memang tercurah untuk kabupaten pemekaran dari Kabupaten Solok ini. Terbukti dengan banyaknya tempat tujuan wisata dan rekreasi keluarga, wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah dan banyak lagi pilihan untuk para wisatawan termasuk juga tempat wisata religi.

Tempat Wisata Alam dan keluarga di Solok Selatan:

1. Goa Ngalau Batu Kapal
Terdapat di Jorong Ngalau Indah Nagari Sungai Kunyit Barat Kecamatan Sangir balai janggo. Memiliki batu yang beraneka warna lumut, unik dengan stalagtit dan stalagmit cocok bagi anda yang suka berpetualang wisata alam
2. Air Malanca
Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sagir, 8 Km dari Kota Padang Aro, berupa mengalir di atas batu karang berbentuk cekung.

3. Air Panas Mudiak Sapan
Jorong Balun, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh, suhunya mencapai 95°C, biasa digunakan untuk merebus telur dan makanan lainnya, serta menjemur padi.

4. Air Panas Sapan Maluluang
Jorong Ampalu, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Sungai Pagu, yang merupakan sumber air panas terbesar di wilayah Solok Selatan, dengan suhu sekitar 65°C.

5. Air Panas Sapan Sungai Aro
Jorong Sungai Aro, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh, dengan suhu sekitar 75°C.

6. Air Terjun Batang Daun
Taratak Baru, Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, berketinggian 15 Km.

7. Air Terjun Talang Sepintir
Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, 27 km dari Kota Padang Aro, di areal perkebunan sawit, berketinggian 20 m ini, terdapat tempat berkemah.

8. Air Terjun Tangsi Mitra Kerinci
Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, 8 Km dari Kota Padang Aro, air terjun bertingkat dua dengan ketinggian 20 m.

9. Air Terjun Timbulun
Nagari Lubuk Gadang, 2 km dari Kota Padang Aro, dengan ketinggian air terjun 15 m, di Sungai Batang Liki, di sebelah kanan jalan Raya Muara Labuh – Padang Aro.

10. Air Terjun Timbulun Koto Birah
Jorong Koto Birah, Nagari Koto Baru , Kecamatan Sungai Pagu, 30 km dari Padang Aro, berketinggian 20 m, terdiri dari 7 tingkat.

11. Air Terjun Ulu Suliti
Jorong Ulu Suliti, Nagari Pakan Rabaa, Kec Koto Parik Gadang Diateh, 55 Km dari Kota Padang Aro, berketinggian 40 m, tertinggi di wilayah Solok Selatan, ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 5 Km.

12. Arung Jeram Batang Liki
Jorong Liki, Nagari Lubuk Gadang, 3 km dari Padang Aro, 160 km dari Kota Padang, dengan arus cukup deras dan berbatu, grade-5, yang berakhir di Sungai Batang Hari.

13. Bendungan Batu Bakawik
Batu Bakawik Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, 42 Km dari Kota Padang Aro.

14. Bukit Karang
Jorong Sungai Penuh, Nagari Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari, 53 Km dari Kota Padang Aro, dengan panorama Sungai Batang Hari.

15. Danau Bontak
Bukik Malintang, Nagari Lubuk Gadang, Kec Sangir, 5 Km dari Kota Padang Aro, dicapai dengan berjalan kaki sejauh 10 Km dari Bukit Malintang, Golden Arm.

16. Gunung Kerinci
Perbatasan wilayah Solok Selatan dan wilayah Kerinci, dengan ketinggian 3.805 m dpl, tertinggi di Indonesia.

17. Kawasan Wisata Golden Arm
Merupakan dataran tinggi yang terletak di perbatasan Kabupaten Solok Selatan dengan kabupaten Kerinci. Dari sini kita bisa melihat dataran yang berbukit yang ditannami dengan tanaman Casiavera atau Kulit manis, karet,dll. Lokasi ini terletak di Golden Arm Nagari Lubuk Gadang.

18. Ngalau Bukit Sungai Mintan
Sungai Mintan, Nagari Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari, 42 Km dari Kota Padang Aro, merupakan gua di pinggiran Sungai Batang Hari.

19. Ngalau Lubuk Malako
Nagari Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan, 25 Km dari Kota Padang Aro, berupa gua indah yang berada diantara perbukitan.

20. Taman Nasional Kerinci Seblat
Taman ini terletak pada 4 provinsi yaitu Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu. Didalamnya kita bisa menyaksiakan keaneka ragaman Flora dan Fauna yang dilindungi oleh Dunia. Fauna yang ada disini seperti Harimau sumatera, siamang, ular, berbagai jenis burung,harimau, beruang, raflesia arnoldi dsb. Begitupun dengan floranya seperti Bunga Raflesia, anggrek. Selain itu juga ada air tejun, sungai talang, dan danau Buntak. Wisata bersejarahnya juga ada perkampungan tradisional minang kabau.

21. Villa Terapung
Pulau Panjang, Nagari Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari, 50 Km dari Kota Padang Aro, berupa sebuah villa di aliran Sungai Batang Hari.

22.  Air Terjun Timbulun Koto Birah
Air terjun ini terdiri dari 7 tingkat. Lokasinya terletak di jorong koto birah Nagari Koto baru kecamatan Sungai Pagu.

23. Kebun Teh Mitra Kerinci
Perkebunan teh mitra kerinci mulai dirintis tahun 1985, dengan luas + 1500 ha, yang berada di bawah gunung kerinci. Dikawasan ini juga terdapat air terjn tansi ampek yang terdiri dari dua tingkat, tingkat pertama dengan ketinggian 15 meter dan tingkatan kedua 10 meter yang berjarak 5 meter dari air terjun tingkat pertama. Lokasi nya terletak di jorong Sungai Lambai, Kecamatan Sangir.

Objek Wisata Sejarah di Solok Selatan:

1. Tugu PDRI
Tugu PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia) dapat dilihat ketika memasuki daerah Bidar Alam, tugu ini saksi tonggak sejarah perjuangan presiden PDRI saat menyelamatkan negara yang berada dalam keadaan darurat pada tahun 1949. Lokasi ini terdapat di Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan.

2.Rumah PDRI  (Rumah Jama)
Rumah PDRI merupakan saksi perjuangan perlawanan Indonesia dalam memperjuangkan Indonesia dari cengkraman Belanda. Rumah ini digunakan sebagai pos keamanan pada waktu pemerintahan darurat Rebpublik Indonesia yang pernah menjadi tempat berlangsungnya sidang-sidang kabinet PDRI pada tahun 1949, selama +3 bulan pada masa itu yakni dari bulan Januari s/d April 1949. Lokasinya terletak di Nagari Bidar Alam Kec. Sangir Jujuan.

29. Stasiun Pemancar Radio AURI
Terletak di Jorong Bulian Nagari Bidar Alam Kecamatan Sangir Jujuan, yang digunakan untuk menyampaikan berita penting kepada Pemerintah Pusat tentang situasi perjuangan PDRI yang dipimpin oleh Syafrudin Prawiranegara pada 1949.

16. Fosil Binatang Purba
Jorong Balun, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh, 45 Km dari Kota Padang Aro, ditemukan pada 2001 di persawahan milik Jamaris.

Objek Wisata Budaya dan Wisata Religi di Solok Selatan

1. Mesjid 60-ASO ( baca:enam puluh kurang aso )
Mesjid tertua di Kecamatan Sungai Pagu. Kata 60-Aso berasal dari tiang mesjid yang berjumlah 60 buah. Terletak di Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu.

2. Rumah Gadang Rumah Gadang Istano Rajo Balun
Rumah gadang ini dulunya menjadi pusat pemerintahan kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu dengan rajanya Tuanku Rajo di Balun.Terletak di jorong Balun, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

3. Rumah Gadang Tuanku Rajo di Sambah
Tuanku Rajo Disambah adalah raja dari 4 raja di alam Surambi Sungai Pagu. Banyak ditemukan rumah gadang yang telah berumur ratusan tahun, tetapi rumah agadang ini masih dalam keadaan aslinya. Lokasinya di Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu. 40 Km dari Kota Padang Aro.

4. Rumah Gadang 21 Ruang
Rumah gadang ini merupakan rumah gadang terpanjang di Kabupaten Solok Selatan dengan 21 ruang, jumlah gonjongnya 18 buah. Lokasinya di Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari.

5. Masjid Raya Koto Baru
Jorong Kampuang nan 5, Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, 37 Km dari Kota Padang Aro, yang berumur ratusan tahun namun masih terjaga keasliannya.

6. Masjid Sampu
Jorong Sampu, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, 2 Km dari Kota Padang Aro, peninggalan Syech Muhammad Arif Sampu, ulama yang menyebarkan Agama Islam di wilayah ini.

Kesenian Tradisional Kabupaten Solok Selatan ( Wisata Budaya )

1. Batombe
Batombe adalah tradisi yang hanya ada di kabupaten Solok Selatan. Tradisi ini berupa berbalas pantun dan diiringi dengan alat musik tradisional Rabab. Kegiatan batombe ini biasanya dilakukan pada acara baralek.

2. Gandang Sarunai
Gandang sarunai merupakan perpaduan musik sarunai, saluang, gendang dan diiringi oleh talempong.

3. Randai
Randai merupakan kesenian tradisional minang kabau yang masih tetap dilestarikan. Disini banyak sanggar yang masih menjaga kesenian ini.

4. Goba-Goba

Goba-goba merupakan kegiatan pembakaran obor yang dilakukan pada subuh penyambutan idul fitri yang diiringi dengan kembang api, meriam bambu, dan meriam karbit. Obor tersebut dibentuk menjadi sebuah gambar,  dan tulisan yang membentuk lafaz Allah. Goba-goba hanya ada di Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan.

5. Silat Pakiah Rabun
Silat tradisional yang berasal dari Solok Selatan, yang di bawa oleh seorang pendekar alim fakih ( pakiah ) yang buta ( rabun ) sehingga silatnya di sebut Silat Pakiah Rabun atau Silat Luncua
Baca: Pencak Silat Pakiah Rabun, Ikatan Persaudaraan yang Kuat

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.