Rabu, 01 Maret 2017

Tasawuf Dan Tarekat Dalam Ajaran Islam Ahlussunnah Waljama'ah Menurut Ustadz Abdul Somad

tasawuf,tarekat

TASAWUF

Mengapa sampai ini masih banyak umat Islam yang tak paham dengan tasawuf dan tarekat sufi, bahkan sampai ada yang menyesatkan ajaran dari Rasulullah ini. Tasawuf adalah salah satu cabang ilmu dalam Islam seperti ilmu-ilmu lainnya seperti fiqih, ilmu kalam, ilmu nahwu, ilmu tafsir, ilmu hadits dll. Dan dalam setipa cabang ilmu itu akan melahirkan pra ulama atau pakar di bidangnya, ada ulama fiqih, ulama ahli tafsir, ulama hadits, ulama tasawuf dll.

Ilmu tasawuf adalah ilmu pembersihan hati, qolbu atau pensucian jiwa. Mensucikan diri dari nafsu amarah, dari kufur, syrik, riya, dengki, ujub, takabur dll. Setelah pensucian selesai maka hati itu diisi dengan sabar, ridho, wara, ridha, qana'ah, zikir dan sifat terpuji lainnya. Setelah hati dipenuhi dengan segala sifat itu barulah Allah akan memberikan pencerahan, ilham atau makrifat.

Tasawuf ahlussunnah Waljamaah adalah tasawuf yang diambil dari Imam Al-Ghazali dan Imam Junaid Al-Baghdadi serta para guru sufi yang bersambung sanadnya kepada kedua Imam tersebut. Tasawuf Ahlussunnah Waljamaah tidak macam-macam, tidak nyeleneh dan tidak keluar dari Al-Quran dan hadits nabi, Jika ada orang yang mengaku ahli tasawuf tapi mengatakan bahwa ia menyatu dengan Tuhan atau ia tak perlu lagi sholat maka itu bukan seorang ahli tasawuf.

Ada tiga rukun Ahlussunnah Waljamaah;

1. Dalam bidang akidah Imam Abu Hasan Asy'ary
2. Dalam bidang fiqih Imam 4 Mahzab
3. Dalam bidang tasauf Imam Ghazali dan Imam Junaid Baghdadi


TAREKAT

Tarekat adalah sebuah cara atau metode. Jika cara tersebut  disusun dan diriwayatkan oleh Syaikh Abdul Qadir Jailani maka tarekat tersebut dinamakan Tarekat Qodiriyah, jika cara tersebut disusun dan diriwayatkan oleh Syaikh Abu Hasan Syadzily, maka tarekat tersebut dinamakan Tarekat Syadziliyah, jika cara dan metode tersebut disusun dan di riwayatkan oleh Syaikh Bahaudin Naqsabandi, maka tarekat itu disebut tarekat Naqsabandiyah.

Didalam tareqat ada sebuah cara atau metode yang dinamakan suluk. Suluk ada pelatihan, training kepada murid atau salik. Didlam suluk inilah sang murid ditempa dan dilatih dengan bermacam-macam zikir, ibadah wajib maupun sunnah serta amalan-amalan lainnya.


Untuk lebih jelasnya lihat video pendek berikut. tentang apa itu tasawuf dan tarekat oleh Ustadz Abdul Somad, Lc. MA.


Semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan.

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.