Senin, 20 Maret 2017

Awal Puasa Ramadhan 2017 M 1438 H Menurut Muhammadiyah

awal puasa ramadhan 2017

Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Bulan puasa yang penuh berkah dan rahmat tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Karena dibulan Ramadhan segala rahmat dan ampunan Allah tercurah bagi yang ikhlas melaksanakan puasa.

Baca: Awal Puasa Ramadhan 1439H/2018M Muhammadiyah Sama Dengan Pemerintah

Seperti biasa penentuan awal Ramadhan diIndonesia terkadang terpecah antara Muhammadiyah, NU, Pemerintah dan Ormas Islam lainnya. Mudah-mudahan pada Tahun 2017 ini penentuan awal Ramadhan sama antara NU, Muhammadiyah dan ormas lainnya, sehingga umat Islam Indonesia bisa puasa awal bersama-sama.

Ormas Muhammadiyah untuk Ramadhan tahun 1438 H telah menetapkan awal Ramadhan pada hari Sabtu 27 Mei 2017 Berdasarkan hisab wujudul hilal yang menjadi pedoman, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Diungkapkan Sekretaris Umum PP Muhammdiyah Abdul Mu’ti, bahwa Ramadhan jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017.

“Posisi hilal jelang ramadan berada pada 7 derajat. Dalam posisi itu, di seluruh wilayah Indonesaia saat matahari terbenam, bulan berada di atas ufuk,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Liputan 6.

Menurutnya, hal ini sama dengan penetapan awal Idul Fitri 1 Syawal 1438 H. Dia mana lebaran akan jatuh pada hari Minggu 25 Juni 2017.

Ia beraharap agar hari Ramadhan ini akan bersamaan dengan pemerintah. Meskipun beda sistem dalam menggunakan penetapan, tetapi diyakini posisi hilal sudah tinggi.

“Kemungkinan juga akan sama dengan pemerintah. Karena kan posisi hilal saat itu berada di sekitar 7 derajat. Sudah tinggi. Nah pemerintah walaupun menggunakan rukyatul hilal biasanya di atas 4 derajat itu sudah masuk rukyat (terlihat), bahkan ada pendapat kalau 2 derajat, sudah rukyat,” jelas dia.

Meski telah terlebih dulu menentukan hari sakral itu, pihaknya bakal menghadiri sidang isbat yang digelar pemerintah untuk menentukan hari besar Islam.




Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.