Senin, 27 Maret 2017

Pertemuan Ulama Tarekat SeASEAN Solok 2017 - Thareqah Adalah Kebersamaan

pertemuan ulama tarekat solok 2017

TERM OF REFERENCE
SILATURAHIM ULAMA THARIQAH SE-ASEAN

Latar Belakang

Krisis spiritual yang melanda umat Islam dewasa ini akibat globalisasi semakin menjauhkan penganutnya dari tujuan dari Islam itu sendiri, yaitu Islam yang ramah dan penuh rahmat bagi sekalian alam. Di satu sisi, umat Islam semakin jauh dari agamanya sehingga terbawa arus kepada kehidupan hedonis duniawi dan seakan tak memiliki tujuan. Namun, di sisi yang lain, sebagai respon atas fenomena itu maka muncul gerakan yang ingin mengubah keadaan agar kembali sebagaimana ajaran Islam awal tetapi tidak disertai dengan pemahaman agama yang memadai sehingga muncullah radikalisme. Hedonisme dan radikalisme dengan mudah dimanfaatkan oleh musuh-musuh Islam dan dengan mudah dapat mengadu-domba umat Islam sehingga semakin lemah dan mudah dikuasai.

Keadaan ini membuat gusar para pimpinan tarekat, terutama di Sumatera Barat. Awal tahun 2016, mereka melakukan komunikasi dan sepakat mengadakan pertemuan para mursyid, khalifah dan jamaah tarekat. Pertemuan lintas tarekat itu diadakan pada tanggal 16-17 Januari 2016 di Pondok Pesantren Tasawuf Rabbani, Solok, Sumatera Barat. Pada forum yang disebut dengan silaturahim dan mudzakarah ini dihadiri oleh thariqah Qadiriyah Hanafiah, Qadiriyah wa Naqsyabandiyah, Sammaniyah, Khalidiyah, dan Syamsuriyah. Selanjutnya, pada 23 April 2016 kembali diadakan pertemuan para ulama tarekat dengan lingkup nasional, termasuk thariqah Nazhimiyah Haqqani dan Muqtadiriyah.

Kedua forum tersebut sepakat membentuk perkumpulan Dewan Ulama Thariqah Indonesia (DUTI). Maksud dan tujuannya adalah untuk membangun silaturrahim dan persatuan/ukhuwah islamiyah antara ulama dan para pengamal thariqah; berkontribusi dalam meluruskan ajaran-ajaran thariqah yang menyimpang dari Al-Qur’an dan Sunnah; membentengi umat dari ajaran-ajaran sesat dan radikal; menjadi wadah mudzakarah ulama thariqah dalam rangka menyikapi kondisi umat; serta menyuarakan sikap ulama dan pengamal thariqah dalam beramar ma’ruf dan nahi mungkar.

Secara resmi, DUTI berdiri dengan Akta pendirian Nomor 02 tanggal 11 Agustus 2016. DUTI telah mendapatkan pengesahan pemerintah pusat melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor AHU-0071646.AH.01.07 Tahun 2016 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Dewan Ulama Thariqah Indonesia (DUTI). DUTI merupakan wadah dan fasilitator yang membantu para Syekh/mursyid tarekat dalam melaksanakan tugas kemursyidan dan dakwah. Pengurus DUTI tidak berhak membuat kebijakan kecuali melaksanakan apa yang diputuskan oleh para Mursyid/Syekh selaku anggota Dewan Mustasyar. Dewan Mustasyar yang terdiri atas para Mursyid/Syekh thariqah memiliki kedudukan yang sama sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam organisasi DUTI. Segala gerak langkah dan program diputuskan berdasarkan kesepakatan mayoritas Dewan Mustasyar yang selanjutnya dilaksanakan oleh pegurus DUTI.

Visi DUTI adalah “menjadi lembaga terkemuka dalam mewujudkan ukhuwah islamiyah dan menegakkan Islam sebagai rahmatan lil alamin.” Misinya adalah: 1) menjalin ukhuwah, komunikasi, dan kerjasama dengan berbagai pimpinan dan pengamal tarekat dalam rangka meraih rida Allah; 2) menyelenggarakan pendidikan dan dakwah berbasis tasawuf Ahlussunnah wal Jamaah; dan 3) melakukan amar makruf nahi munkar dan Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah.

Untuk memupuk rasa persaudaraan sesama umat Islam dan secara bersama-sama mengembalikan umat kepada hakikat Islam yang rahmatan lil alamin maka DUTI senantiasa berusaha merajuk kembali hubungan para pemimpin agama Islam, khususnya para ulama tarekat untuk terjun langsung membina umat. Bangsa Indonesia yang lahir dari sentuhan tangan para ulama sufi telah mengantarkan sebuah wajah Islam yang ramah, akomodatif terhadap budaya lokal, dan responsif terhadap perkembangan masyarakat.



TEMA DAN BENTUK KEGIATAN

Tema kegiatan ini adalah “Thariqah adalah kebersamaan dan dalam kebersamaan ada keberkahan”. Adapun bentuk kegiatan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

Focus Group Discussion (FGD) antar ulama thariqah;
Silaturahim ulama dan jamaah tarekat se ASEAN;
Tausiah;
Zikir dan Muhasabah.


TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai dalam acara Silaturahim Ulama Thariqah se-ASEAN ini di antaranya:

Merumuskan langkah dan aksi bersama dalam membangun umat yang memiliki akidah yang kuar, pemikiran yang moderat, dan santun dalam berkomunikasi dengan masyarakat.
Mempererat hubungan kasih sayang di antara para ulama tarekat dan jamaah pengamal tarekat agar dapat memberikan wajah Islam yang ramah.
Mempromosikan karakter khas Islam Indinesia yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.
Meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap ajaran Islam agar menjadi bingkai dalam kehidupan sehari-hari.
Menampilkan seni dan budaya Islam yang bernuansa ilahiyah di Indonesia.
Menjalin kerjasama antara tarekat yang ada di Nusantara dan ASEAN untuk membangun umat yang bersaudara.


KELUARAN (OUTPUT)

Adanya rancangan dan program aksi mewujudkan ukhuwah Islamiyah;
Meningkatnya pemahaman dan wawasan umat Islam tentang ajaran Islam yang memiliki prinsip tauhid yang kokoh dan prilaku yang santun sehingga menjadi warga negara yang baik bagi bangsanya.
Terwujudnya persatuan umat Islam tanpa melihat perbedaan aliran, mazhab, dan latar belakang kelompok lainnya.
Adanya hubungan kerjasama antara ulama tarekat di kawasan ASEAN sehingga memiliki langkah yang sama dalam mempromosikan Islam yang penuh kelembutan dan keramahan.


PESERTA DAN NARASUMBER

Peserta

Peserta kegiatan Silaturahim Ulama Thariqah se-ASEAN ini terdiri dari perorangan dan organisasi, khususnya para ulama tarekat dan jamaahnya.

Peserta kegiatan FGD terdiri dari para syekh/mursyid, khalifah, dan pengurus Dewan Ulama Thariqah Indonesia.
Peserta kegiatan Silaturahim, Tausiah, dan Zikir/Muhasabah akan dihadiri oleh seluruh umat Islam, khususnya para pengamal tarekat di Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya.
Narasumber

Narasumber kegiatan ini adalah sebagai berikut:

Narasumber kegiatan FGD terdiri atas para pimpinan tarekat dan pengurus Dewan Ulama Thariqah Indonesia.
Narasumber kegiatan Silaturrahim, Tausiah, dan Zikir/Muhasabah terdiri atas:
Pejabag Pemerintah Pusat dan Daerah
Syekh/Mursyid berbagai tarekat.


WAKTU DAN TEMPAT

Waktu pelaksanaan kegiatan Silaturahim Ulama Thariqah se-ASEAN ini direncanakan pada tanggal 1-2 April 2017, bertempat di Kota Padang dan Pondok Pesantren Tasawuf Rabbani, Sumani, X Koto, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.


PELAKSANA KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pengurus Pusat Dewan Ulama Indonesia (DUTI) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok-Sumatera Barat, Tasawuf Islamic Centre Indonesia (TICI), Sufi International Institute, dan pihak-pihak lain yang sejalan dengan visi dan misi DUTI.

Sumber: http://dewanulamathariqah.org

Terkait:

Minggu, 26 Maret 2017

Mengapa Harus SID? Kenapa Bukan SLANK Atau IWAN FALS?

MENGAPA HARUS SID

MENGAPA HARUS SID ( Superman Is Death )..? ( SEBUAH OPINI )

Sabtu, 25 Maret 2017

Puasa Ramadhan 1438 H Dimulai Tanggal 27 Mei 2017 Di Arab Saudi

awal puasa 2017 arab

Kapan Puasa 2017 di Arab saudi? Apakah awal ramadhan Arab Saudi sama dengan Indonesia untuk Tahun 1438 H? Apakah lebaran di Indonesia akan bareng dengan Arab Saudi?

Berikut kami berikan sedikit informasi tentang penentuan awal bulan puasa Ramadhan 1438 H 2017 M di Saudi Arabia.

Dewan Ulama Senior Arab Saudi menyatakan bulan Syaban tahun ini berumur 30 hari dan berakhir pada Jumat, 26 Mei 2017.

Dewan Ulama Senior Arab Saudi menetapkan 1 Ramadan 1438 Hijriah jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017. Ketetapan ini disampaikan anggota Dewan Ulama Senior Saudi Sheikkh Abdullah bin Sulaiman Al Manie pada Selasa kemarin waktu setempat.

Dilaporkan harian setempat Al Madina, Al Manie, bulan Syaban pada tahun ini berumur 30 hari. Sementara tanggal terakhir pada bulan Syaban akan jatuh pada Jumat, 26 Mei 2017.

" Idul Fitri akan jatuh pada Minggu, 25 Juni, dengan puasa akan berakhir pada Sabtu, 24 Juni," ucap Al Manie.

Ketetapan ulama ini didasarkan pada perhitungan astronomis tentang awal dan akhir bulan Islam di Mekah.

Sementara, kata Al Manie, tanggal 1 bulan haji ( Dzulhijah ) tahun ini akan jatuh pada Rabu, 23 Agustus. Bulan ini akan berumur 29 hari.

" Mengacu pada perhitungan tersebut, Hari Arafat, yang menandai puncak ibadah haji, akan jatuh pada Kamis, 31 Agustus dan Idul Adha pada Jumat, 1 September," kata Al Manie.

Beberapa waktu lalu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menerbitkan maklumat mengenai awal Ramadan 1438H. Maklumat itu menyebutkan 1 Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017.

(Sumber: saudigazette.com.sa)


Selasa, 21 Maret 2017

Salam Kematian 2 Jari Untuk Jenazah Ahokers Dari Mukidi

salam kematian 2 jari

KATA MUKIDI Untuk Para Ahokers

Kalian itu tidak perlu lah protes atau keberatan segala terhadap spanduk-spanduk penolakan mensholati dan mengurusi bangkai para pembela Kâfir Terdakwa Penista Kitabullah.
Iya, bukankah kalian ketika hidup merasa kuat dan banyak, lalu kalau sudah mati, kenapa kalian jadi takut mati sendirian ? Takut tidak diurusi, tidak disholatkan ? Jangan cemen dong ah…!?!
Kalau jadi orang itu jangan nanggung-nanggung. Kalau saat hidup nekad meninggalkan syari‘at, kenapa saat sudah mati dan jadi bangkai mendadak syar‘i ? Yang kâffah dong ah….
Padahal, kalau memang tetangga atau pengurus Masjid tidak mau mengurusi bangkai kalian, ya kalian pergi saja ke sesama pembela si Kâfir Terdakwa Penista Kitabullah itu ?
Atau kalau tidak, coba dong kalian pergi ke tempat ibadah agama lain. Barangkali pemuka agama lain mau mengurusi bangkainya. Bukankah itu adalah bentuk "toleransi" dan itu kebhinekaan banget…?

Jadi nggak usah lah memaksa-maksa Muslim lain untuk mengurusi bangkai kalian, sebab selama hidup kalian maunya menyampur-nyampur agama, milih-milih syari‘at agama ala hidangan prasmanan. Jadi pas giliran mati, ngga masalah dong dicampur-campur juga ??
Bangkainya dimandikan seperti biasa, lalu dibajuin pakai jas ala agama lain, dan kemudian dibakar ala agama lainnya juga.

Atau mau dibakar ala Nusantara juga boleh… dioles saus kecap manis, atau pakai sambal kacang… kalau suka saus tiram, atau mau pakai saus Padang, juga boleh… terus dikalengin dan dibuang di kawah di puncak gunung Bromo sana. Nusantara banget kan…?

Adapun untuk upacara dan do'a kematiannya, maka bisa pakai MP3. Kalau kebetulan duitnya banyak, maka bisa adakan live concert "Salam Kematian 2 Jari" dengan mengundang artis papan atas, papan tengah, sampai ke artis papan bawah, dan dari semua genre. Keren banget secara standard kalian, kan?

Liberalisasi kematian juga perlu dilakukan agar benar-benar saat hidup jadi "orang bebas" yang tidak nanggung-nanggung, dan saat sudah mati dan jadi bangkai pun tidak nanggung-nanggung?
Kalian juga jangan jadi pengecut gitu lah? Masa baru diancam tidak dishôlati saja sudah pada cengeng begitu? Ayo dong tunjukkan kenyolotan, kengeyelan, kegarangan, dan kenekatan yang biasa kalian tampilkan di Sosmed itu?

Oh iya, kalian kan pernah bilang hormati orang yang tidak puasa? Nah, sekarang fair dong dengan MENGHORMATI MUSLIM YANG TAK MAU MENSHOLATI BANGKAI MUNAFIQUN ? Adil kan…?

Lagian, kalian harusnya konsisten dong kalau memang benci sama budaya ‘Arab ? Jangan nanggung nangung ah...

Iya, sebab kalau kalian mati, terus dimandikan, dikafani, disholatkan, lalu dikuburkan di pekuburan Muslim, maka yang seperti itu adalah budayanya orang ‘Arab. Padahal kalian katanya anti banget sama yg bau-bau ‘Arab ?

Lagian kalian kan sering banget mengatakan: "jangan bawa-bawa agama" Lalu kenapa pas sudah mati dan jadi bangkai, harus diurus secara syari‘at agama ? Urusi saja sama keluarga masing-masing suka-suka sendiri. Jangan jadikan bangkai kalian jadi urusan masyarakat Muslim. Bukankah kalian sering bilang: "agama itu urusan pribadi"?

Adapun kalau kami sangat takut urusan kematian dan Hari Akhir, maka kalian tak perlu takut sama cerita-cerita Alam Barzakh dan Hari Qiamat. Karena toh kalian anggap itu cerita dongengan yang belum tentu benar, 'coz nobody has ever come back from death, kan?
Stay cool and keep calm.
Udeh Gitu Aja...

From: Link

Klik Kanan Refresh Pada Linux Kok Nggak Ada...

klik kanan refresh linux ubuntu

Klik kanan refresh berulang-ulang adalah sebuah " penyakit " serius yang melanda user Windows, hampir keseluruhannya. Konon katanya klik kanan refresh bisa menyegarkan kembali PC atau laptop yang sudah mumet karena terlalu lama di pake hee..hee...

Senin, 20 Maret 2017

Surat " Sakit Hati " Jonru Ginting Kepada Ridwan kamil Karena NASDEM

surat jonru ke ridwan kamil

Jonru Ginting Menyurati Ridwan Kamil Walikota Bandung yang akan mencalonkan diri lagi untuk periode berikutnya ( Pilgub Jabar 2018 ). Ini adalah kabar baik, tapi satu hal yang disesali adalah beliau maju dengan "kendaraan" yang salah. Partai Nasdem memberikan dukungan kepada Kang emil yang mana Partai nasdem adalah salah satu partai pendukung sipenista agama dan ulama yakni Ahok.

Inilah yang banyak disesali oleh fans Kang Emil, karena dukungan Partai Nasdem tidaklah gratis . Nama Ridwan kamil yang saat ini harum dimata umat Islam mungkin akan mulai pudar karena persoalan yang dianggap remeh dan biasa dalam dunia politik ini.

Isi surat terbuka Jonru:

Pak Ridwal Kamil (RK) yang baik,

Sampai saat ini, saya masih kagum kepada Bapak sebagai seorang pemimpin yang lucu, bijaksana, dan dekat dengan rakyat.

Namun ketika beberapa waktu lalu Bapak membatalkan diri untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI setelah mendengar nasehat Jokowi, terus terang kekaguman saya terhadap Bapak mulai berkurang.

Oh, Bukan! Alasannya bukan karena Bapak batal mencalonkan diri. Namun kejadian itu membuat saya mulai dapat gambaran mengenai siapa Bapak yang sebenarnya.

Kita semua tahu siapa Jokowi, namun Bapak justru memuji dia sebagai pemimpin yang baik.

Yang lebih konyol adalah ketika Bapak begitu "lugunya" mengikuti "nasehat" Jokowi agar meneruskan apa yang sudah diamanahkan. Padahal dia sendiri TIDAK MENERUSKAN amanah di Solo dan DKI Jakarta. Saya yakin, Pak RK pun tahu mengenai hal itu.

Dan ketika Pak RK bersedia didukung oleh Nasdem untuk maju pada Pilkada Jawa Barat, maka kekaguman saya kepada Bapak pun makin berkurang.

Dan kekaguman saya terhadap Bapak semakin tipis setelah membaca status berikut yang saya temukan di akun IG @ridwankamil:

=== awal copas ===

"Anak2 muda, mari kita bicara pendidikan politik praktis ya. Tolong jawab, kenapa bisa di pilkada se-Indonesia 2017 ini, ternyata partai2 yang berseteru di Jakarta malah temenan di daerah2 lain. Ternyata BANYAK calon yg diusung PKS koalisi dgn PDIP dan menang 70%. PKS dengan nasdem menang 68%. Gerindra dengan Nasdem 72%. Kan di Jakarta mereka berlawanan. Kan katanya partai ini begitu, beda ideologi dari partai yg itu mah begini. Jawabannya karena mereka sudah Move On. Beda daerah beda isu dan kepentingan. Sudah tidak baper dengan isu Pilkada Jakarta. Isu Jakarta hanya untuk warga Jakarta. Politik adalah pilihan pribadi. Silakan senang. Silakan marah. Ada pemilih emosional. Ada pemilih rasional. Bebas. punya jawaban yang ilmiah? Lieur nya. ( Data dari INSTRAT)"

=== akhir copas ===

Oh, jadi menurut Bapak, masalah di Jakarta murni seputar Pilkada saja? Benarkah?

Saya sungguh tidak habis pikir. Ketika rombongan Ciamis singgah di Bandung beberapa waktu lalu, Pak RK termasuk yang menyambut mereka, bahkan memberikan layanan pijat kaki gratis.

Saya SANGAT YAKIN, Pak RK pasti sangat paham bahwa peserta #AksiBelaIslam datang dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan dari luar negeri pun banyak dukungan yang berdatangan.

Jika masalah DKI hanya seputar Pilkada saja, BAGAIMANA MUNGKIN umat Islam Indonesia yang tersebar di seluruh dunia tergerak hatinya untuk mengikuti Aksi Bela Islam?

Apakah Bapak tidak memahami hal itu? Atau pura-pura tidak tahu?

Sepertinya Bapak belum memahami betapa besarnya ghirah umat Islam dalam membela agamanya yang dinistakan oleh salah seorang rekan Bapak. Sepertinya Bapak belum memahami bahwa saat ini, semangat umat Islam sedang sangat tinggi-tingginya untuk bersatu membela agamanya dan melawan penista agama beserta para sekutunya.

Tidakkah Bapak memamahi hal itu, atau pura-pura tidak tahu?

Tidakkah Bapak paham, bahwa keputusan Bapak untuk menerima dukungan dari nasdem SANGAT MENYAKITI HATI umat Islam yang penuh semangat dalam membela agamanya? Mereka menganggap Bapak telah bersekutu dengan penista agama. Itulah yang membuat banyak orang KECEWA LUAR BIASA terhadap Bapak.

Tidakkah Bapak menyadari hal itu?

Untungnya, saya bukan bagian dari jamaah pencinta buta. Saya memang kecewa terhadap Pak Ridwan Kamil. Namun saya tidak sampai kecewa berat. Kekecewaan saya biasa-biasa saja.

Sampai saat ini, saya masih kagum kepada Bapak sebagai seorang pemimpin yang bijaksana, lucu, dan dicintai oleh rakyat. Namun kekaguman saya hanya sebatas itu.

Adapun sebagai seorang muslim yang penuh semangat untuk membela Islam, penuh semangat untuk menyeret si penista agama ke penjara, maka dalam konteks ini saya kini menganggap bahwa Pak Ridwan Kamil hanya cocok dikagumi untuk urusan duniawi belaka. Tak lebih dan tak kurang.

Terima Kasih, Mohon Maaf Jika Tidak Berkenan.

Jakarta, 20 Maret 2017
JONRU

FB Jonru Ginting : https://www.facebook.com/jonru.ginting

Dialog Penentuan Awal Ramadhan DR. Abdul Karim Amarullah Dengan Syaikh Paseban

dialog awal ramadhan  DR. abdul karim syaikh paseban

Syaikh.DR. Abdul Karim Amarullah Atau Inyiak Rasul atau Inyiak DeEr adalah seorang ulama besar Minangkabau, ayah dari Buya Hamka, adalah tokoh pembaharu dalam sejarah Islam Minangkabau, beliau berguru kepada Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi di Mekkah, seperguruan dengan KH. Hasyim Asyari dan KH. Ahmad Dahlan.

Awal Puasa Ramadhan 2017 M 1438 H Menurut Muhammadiyah

awal puasa ramadhan 2017

Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Bulan puasa yang penuh berkah dan rahmat tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Karena dibulan Ramadhan segala rahmat dan ampunan Allah tercurah bagi yang ikhlas melaksanakan puasa.

Baca: Awal Puasa Ramadhan 1439H/2018M Muhammadiyah Sama Dengan Pemerintah

Seperti biasa penentuan awal Ramadhan diIndonesia terkadang terpecah antara Muhammadiyah, NU, Pemerintah dan Ormas Islam lainnya. Mudah-mudahan pada Tahun 2017 ini penentuan awal Ramadhan sama antara NU, Muhammadiyah dan ormas lainnya, sehingga umat Islam Indonesia bisa puasa awal bersama-sama.

Ormas Muhammadiyah untuk Ramadhan tahun 1438 H telah menetapkan awal Ramadhan pada hari Sabtu 27 Mei 2017 Berdasarkan hisab wujudul hilal yang menjadi pedoman, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Diungkapkan Sekretaris Umum PP Muhammdiyah Abdul Mu’ti, bahwa Ramadhan jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017.

“Posisi hilal jelang ramadan berada pada 7 derajat. Dalam posisi itu, di seluruh wilayah Indonesaia saat matahari terbenam, bulan berada di atas ufuk,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Liputan 6.

Menurutnya, hal ini sama dengan penetapan awal Idul Fitri 1 Syawal 1438 H. Dia mana lebaran akan jatuh pada hari Minggu 25 Juni 2017.

Ia beraharap agar hari Ramadhan ini akan bersamaan dengan pemerintah. Meskipun beda sistem dalam menggunakan penetapan, tetapi diyakini posisi hilal sudah tinggi.

“Kemungkinan juga akan sama dengan pemerintah. Karena kan posisi hilal saat itu berada di sekitar 7 derajat. Sudah tinggi. Nah pemerintah walaupun menggunakan rukyatul hilal biasanya di atas 4 derajat itu sudah masuk rukyat (terlihat), bahkan ada pendapat kalau 2 derajat, sudah rukyat,” jelas dia.

Meski telah terlebih dulu menentukan hari sakral itu, pihaknya bakal menghadiri sidang isbat yang digelar pemerintah untuk menentukan hari besar Islam.




Minggu, 19 Maret 2017

Keutamaan Fadhilah Dan Dalil Sholat Sunnah

keutamaan sholat sunnah

Keutamaan serta fadilah dari shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah. Keutamaan sholat sunat ini bertujuan untuk memberikan kegembiraan serta menambah semangat bagi yang rajin dan rutin melaksanakn shalat sunat mulai dari pagi, siang, sore dan malam hari.

Rasulullah SAW bersabda:
“Bagi orang yang mengerjakan shalat mendapatkan tiga macam (kebaikan), yaitu: Malaikat mengerumuninya sejak dari telapak kaki sampai ke atas langit, kebaikan turun kepadanya dari atas langit sampai atas kepalanya, dan malaikat berseru “Seandainya orang yang sedang shalat ini mengetahui dengan siapa ia berbicara (berkomunikasi), niscaya ia tidak akan mau berhenti (dari shalatnya)”.

Dari Ka’ab Al Ahbar ra. Bahwasanya ia berkata :
”Seandainya salah seorang diantara kamu sekalian bisa melihat pahala dua rakaat dari shalat sunnah, niscaya ia akan melihat bahwa pahalanya itu lebih besar daripada gunung yang menjulang tinggi. Sedangkan pahala shalat wajib maka jauh lebih besar lagi”.

Dari Samurah bin Jundub dari seorang sahabat Rasul, bahwasanya beliau bersabda:
“Shalat sunnah seseorang didalam rumahnya itu lebih banyak pahalanya dibandingkan shalat sunnah di depan orang banyak, yaitu seperti keutamaan shalat jama’ah atas shalat sendirian”.

Dari Nabi SAW. Beliau bersabda :
”Shalat sunnah seseorang didalam rumahnya itu merupakan cahaya, maka cahayailah (terangilah) rumah-rumahmu”.

Dari Abu Hurairah ra.Nabi SAW bersabda :
“Barangsiapa yang mengerjakan shalat sunnah 20 raka’at antara maghrib dan isya maka Allah akan memelihara keluarga, agama, dunia, dan akhiratnya. Dan barangsiapa yang mengerjakan shalat subuh lalu ia duduk ditempat shalatnya sampai matahari terbit, kemudian ia menegerjakan shalat dua raka’at, maka Allah membuatkan dinding (penghalang) baginya dari api neraka nanti pada hari kiamat”.

Zaid bin Aslam meriwayatkan dari Umar ra.dimana ia berkata :
”Saya berkata kepada Abu Dzarr ra.”Nasihatilah saya wahai paman”. Abu Dzarr berkata: saya telah meminta kepada Rasulullah SAW seperti apa yang kamu minta kepada saya, lalu beliau bersabda:
“Barangsiapa yang mengerjakan shalat dhuha dua raka’at, maka ia tidak akan dicatat termasuk orang-orang yang lupa. Barangsiapa yang mengerjakannya empat raka’at, maka ia dicatat termasuk orang-orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam raka’at, maka pada hari itu tidak akan terkena dosa. Barangsiapa yang mengerjakannya delapan raka’at, maka ia dicatat termasuk orang-orang yang sangat taat. Dan barangsiapa yang menegrjakannya 12 raka’at, maka dibangunkan sebuah rumah baginya didalam syurga”.

Ada yang mengatakan bahwa keutamaan shalat sunnah diwaktu malam atas shalat diwaktu siang adalah seperti keutamaan shadaqah secara sembunyi-sembunyi atas shadaqah secara terang-terangan.

Dari Anas bin Malik ra.dari Nabi SAW beliau bersabda:
“Tidak ada suatu tempat yang dipergunakan untuk shalat dan berdzikir kepada Allah, melainkan tempat itu akan merasa gembira dengan yang demikian itu sampai kedasar bumi yang ketujuh, lalu ia berbangga kepada tempat yang berada disekitarnya. Dan tidak ada seorang hamba yang berada ditengah hutan yang bermaksud untuk mengerjakan shalat, melainkan bumi akan berhias untuknya”.

Diceritakan dari Khalid bin Ma’dan bahwasanya ia berkata: “Saya mendapatkan informasi bahwa Allah berbangga kepada Malaikat dengan 3 kelompok orang, yaitu:

1.      Seseorang yang berada ditengah hutan, lalu ia beradzan dan beriqamah kemudian mengerjakan shalat sendirian; maka Allah Ta’ala berfirman :”Lihatlah hambaKu yang mengerjakan shalat sendirian tanpa seorangpun yang melihatnya selain Aku, hendaknya 70.000 Malaikat turun dan mengerjakan shalat dibelakangnya”.

2.      Seseorang yang bangun diwaktu malam lalu mengerjakan shalat sendirian, dimana ia sujud, dan setelah itu ia tidur dan dianggap sedang sujud; maka Allah Ta’ala berfirman:”Lihatlah hamba-Ku yang nyawanya ada pada sisi-Ku dan tubuhnya sedang bersujud kepada-Ku”.

3.      Seseorang yang berada ditengah-tengah medan peperangan, dimana ia tetap tegar hingga terbunuh”.

Dengarkan kajian Shalat Sunnah sehari-hari dari Ustadz. Abdul Somad, LC, MA



Macam Macam Sholat Sunnah Yang Sangat Diajurkan Rasulullah


Shalat sunah disebut juga salat an-nawâfil atau at-tatawwu’. Yang dimaksud dengan an-nawâfil ialah semua perbuatan yang tidak termasuk dalam fardu. Disebut an-nawâfil karena amalan-amalan tersebut menjadi tambahan atas amalan-amalan fardu.

Menurut Mazhab Hanafi, shalat an-nawâfil terbagi atas dua macam, yaitu shalat masnûnah dan shalat mandûdah.

Shalat masnûnah ialah shalat-shalat sunah yang selalu dikerjakan Rasulullah, jarang ditinggalkan, sehingga disebut juga dengan shalat mu’akkad (dipentingkan).

Shalat mandûdah adalah shalat-shalat sunah yang kadang dikerjakan oleh Rasulullah, kadang-kadang juga tidak dikerjakan, sehingga disebut dengan shalat ghairu mu’akkad (kurang dipentingkan).


Shalat Rawatib
Shalat Rawatib adalah shalat sunah yang dikerjakan menyertai shalat fardu. Shalat sunah ini terbagi dalam shalat mu’akkad dan ghairu mu’akkad.
Adapun yang termasuk dalam shalat-shalat sunah Rawatib adalah sbg berikut:

Mu’akkad
·      dua rakaat qabliyah subuh
·      dua rakaat qabliyah zuhur
·      dua rakaat ba’da zuhur
·      dua rakaat ba’da maghrib
·      dua rakaat ba’da isya

Rincian tersebut berdasarkan hadist Nabi Muhammad SAW:
“Dari Abdillah bin Umar, ia berkata: ‘Saya ingat mengenai Rasulullah SAW mengerjakan shalat dua rakaat sebelum Zuhur, dua rakaat setelah Zuhur, dua rakaat setelah Maghrib, dua rakaat setelah Isya, dan dua rakaat sebelum Subuh.” (H.R. Bukhari Muslim)

Ghairu Mu’akkad
·      empat rakaat sebelum dan sesudah zuhur
·      empat rakaat sebelum asar
·      empat rakaat sebelum maghrib

Masing-masing berdasarkan rincian hadist-hadist berikut:
Dari Ummu Habibah: “Nabi SAW bersabda: Barangsiapa mengerjakan empat rakaat sebelum Zuhur dan empat rakaat sesudahnya maka Allah mengharamkan baginya dari api neraka.” (H.R. Tarmizi)
“Dari Ibnu Umar, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: Allah memberi rahmat kepada orang yang mengerjakan shalat empat rakaat sebelum shalat Asar” (H.R. Tarmizi)

Hadist Nabi Muhammad SAW: “Dari Abdullah bin Mughafal, Nabi SAW bersabda: Shalatlah kamu sebelum Maghrib, shalatlah kamu sebelum Maghrib. Kemudian Nabi mengatakan yang ketiga kalinya bagi yang menghendakinya.” (H.R. Bukhari)

Shalat Sunah Lainnya
Selain shalat Rawatib, ada pula shalat sunah lainnya yang tidak berkaitan dengan shalat fardu. Berikut adalah beberapa shalat sunah yang umum dikerjakan beserta definisinya.

Shalat Khauf 
Shalat yang dilakukan pada saat-saat genting. Shalat ini dapat dilakukan kapan pun bila kita dalam kondisi merasa takut, misalnya karena perang, bencana alam, ancaman binatang buas, dikejar musuh atau orang jahat, dsb. Syariat shalat khauf ini didasarkan pada surat An-Nisâ: 102.

Shalat Dhuha
Shalat sunah yang dikerjakan pada pagi hari, waktunya dimulai ketika matahari tampak kurang lebih setinggi tombak dan berakhir sampai tergelincir matahari (waktu zuhur). Jumlah rakaat shalat dhuha adalah sekurang-kurangnya dua rakaat, sebanyak-banyaknya duabelas rakaat, ada juga yang menyatakan enambelas rakaat.

Shalat Istisqa 
Shalat sunah yang bertujuan untuk meminta hujan. Biasanya dilaksanakan ketika terjadi kemarau panjang sehingga mata air-mata air menjadi kering, tumbuh-tumbuhan mati, manusia dan hewan kekurangan makanan dan air. Bila sudah masuk dalam kondisi ini, dianjurkan pemimpin masyarakat setempat atau ulama mengajak masyarakat untuk bertobat dan berdoa.

Shalat Khusuf 
Shalat sunah yang dilakukan karena terjadi gerhana bulan. Waktu shalat khusuf adalah sejak awal gerhana sampai akhir atau tertutupnya bulan tsb.

Shalat Kusuf 
Shalat sunah yang dilakukan karena terjadi gerhana matahari. Waktu shalat kusuf adalah sejak awal gerhana sampai selesai atau tertutupnya matahari.

Shalat Istikharah 
Shalat sunah dua rakaat yang diiringi dengan doa khusus, dikerjakan untuk memohon petunjuk yang baik kepada Allah SWT sehubungan dengan urusan yang masih diragukan untuk diputuskan akan dikerjakan atau tidak. Urusan yang dimaksud bisa berupa urusan pribadi ataupun yang terkait dengan kepentingan umum. Petunjuk dari Allah SWT ini biasanya akan diperoleh melalui mimpi atau kemantapan hati untuk mengambil keputusan.

Shalat Tahajjud
Shalat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari dan dilaksanakan setelah tidur terlebih dahulu, meskipun hanya sejenak, kemudian diiringi dengan doa khusus. Shalat tahajud boleh dilakukan di awal, tengah, atau di akhir malam, asalkan sesudah tidur, namun melakukannya pada sepertiga malam yang terakhir adalah lebih baik, karena pada saat itu terdapat waktu doa para hamba dikabulkan oleh Allah SWT.

Shalat Gaib
Shalat yang dilakukan atas seseorang yang meninggal dunia di suatu tempat atau negeri, baik jauh ataupun dekat dari tempat orang yang melaksanakan shalat, dan mayatnya tidak ada di tempat (di hadapan) orang-orang yang menshalatkan.

Shalat Hajat 
Shalat sunah dua rakaat yang dikerjakan seseorang yang mempunyai hajat (keperluan) agar keperluan tsb dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah SWT.

Shalat Tahyatul Masjid 
Shalat yang dilakukan sebagai penghormatan terhadap masjid, dilakukan oleh orang yang masuk ke dalam mesjid sebelum ia duduk.

Shalat Idain 
Shalat yang dilakukan pada saat dua hari raya, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Idul Fitri dilaksanakan berkaitan dengan selesainya bulan Ramadhan yang jatuh pada tanggal 1 Syawal. Idul Adha dilaksanakan bertepatan dengan selesainya pelaksanaan ibadah haji, yaitu tanggal 10 Zulhijjah, yang biasanya seusai shalat dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban bagi yang mampu.

Shalat Tarawih
Shalat sunah yang dikerjakan umat Islam setiap malam selama bulan Ramadhan. Ada beberapa pendapat mengenai jumlah rakaat shalat tarawih, yang pertama adalah 11 rakaat terdiri dari 4 rakaat, kemudian 4 rakaat lagi, dan ditutup dengan 3 rakaat shalat witir. Lalu ada pula yang menyatakan 8 rakaat salam kemudian witir 3 rakaat. Pendapat lain menyatakan 20 rakaat ditambah 3 rakaat witir, sehingga seluruhnya adalah 23 rakaat. Ada pula sebagian imam yang menyatakan lebih dari itu.

Shalat Witir
Witir berarti ganjil. Sehingga shalat witir adalah nama bagi shalat yang rakaatnya ganjil (selain shalat Maghrib), yaitu shalat 1 rakaat, 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat, 9 rakaat, atau 11 rakaat yang bersambungan dan hanya satu kali salam. Waktu pelaksanaannya adalah malam hari, sesudah shalat Isya sampai terbit fajar. Yang paling baik, witir dijadikan sebagai shalat yang paling akhir dikerjakan pada malam hari. Bila seseorang khawatir tidak bangun pada waktu menjelang terbit fajar, ia boleh mengerjakan shalat witir segera setelah shalat fardu dan sesudah Isya.

Shalat Taubat
Shalat untuk menyatakan bahwa kita bertaubat dari suatu dosa, artinya menyesal atas perbuatan yang dilakukan, dan bertekad kelak tidak akan melakukannya lagi, disertai permohonan ampun kepada Allah.

Shalat Tasbih 
Shalat sunah empat rakaat yang setiap rakaatnya membaca tasbih sebanyak 75 kali, sehingga seluruhnya berjumlah 300 kali.
Rincian jumlah tasbih untuk setiap rakaat adalah sebagai berikut:

·      15 kali sesudah membaca surat dan sebelum rukuk
·      10 kali sesudah membaca tasbih rukuk dan sebelum i’tidal
·      10 kali setelah membaca tahmid i’tidal
·      10 kali setelah membacab tasbih sujud
·      10 kali setelah membaca doa duduk diantara dua sujud
·      10 kali setelah membaca tasbih sujud kedua
·      10 kali setelah duduk istirahat sesudah sujud kedua.

Bagi setiap muslim, dianjurkan mengerjakan shalat tasbih setiap malam, bila tidak mampu maka sekali seminggu, atau sekali sebulan, atau sekali setahun, bila masih tidak bisa, maka sekurang-kurangnya sekali seumur hidup, jangan sampai ditinggalkan sama sekali. Waktu pelaksanaannya dapat siang hari atau malam hari, empat rakaat dengan satu atau dua kali salam.

Kitab Sufi Syaikh Fariduddin Al-Attar Musyawarah Burung - Si Penggila Tuhan Dan Khizr

Kisah Hikmah Dalam Kitab Sufi Mantiq Al-Tayr
syaikh fariduddin al attar musyawarah burung

Si Penggila Tuhan dan Khizr

Ada seorang lelaki, gila karena cintanya pada Tuhan. Khizr bertanya padanya;
“O manusia sempurna, maukah kau jadi sahabatku?”
Orang itu menjawab;
“Kau dan aku tak mungkin disatukan, karena kau telah banyak mereguk air kebakaan sehingga kau akan senantiasa hidup, sedang aku ingin menyerahkan hidupku. Aku tak berkawan dan bahkan bagaimana menunjang hidupku sendiri pun aku tak tahu. Sementara kau asyik memelihara hidupmu, aku mengorbankan hidupku setiap hari. Lebih baik aku meninggalkan kau, bagai burung menghindari jerat, jadi, selamat tinggal.”

Guru dan Murid

Seorang murid bertanya pada Gurunya,;
“Mengapa Adam harus meninggalkan sorga?”
Sang Guru menjawab;
“Ketika Adam, yang termulia dari segala makhluk, masuk sorga, didengarnya suara
yang bergema dari dunia yang tak tampak, ‘O kau yang terikat pada sorga duniawi dengan
seratus ikatan, ketahuilah bahwa siapa pun di kedua dunia itu dikenal karena apa yang terjadi
antara dia dengan Aku, Kupisahkan dari segala yang ada, agar ia hanya terikat padaKu saja,
kawannya sejati.’ Bagi seorang pencinta, seratus ribu kehidupan pun tiada artinya tanpa yang dikasihinya. Ia yang hidup untuk sesuatu yang lain dari Dia, biar Adam sendirilah itu, telah
terusir. Para penghuni sorga tahu bahwa yang pertama mesti mereka serahkan ialah hati mereka.”

Mahmud dan Orang Alim

Seorang yang salih, yang ada di Jalan yang benar, melihat Sultan Mahmud dalam mimpi dan
berkata padanya,
“O Raja yang bahagia, bagaimana keadaan dalam Kerajaan Baka?”
Sultanmenjawab,
“Pukul badanku jika kau mau, tetapi jangan ganggu jiwaku. Jangan berkata apa pun,
pergilah, karena di sini tak akan disebut-sebut tentang jabatan raja. Kekuasaanku hanya riya,
kemegahan diri, kesombongan dan kesesatan semata. Dapatkah kekuasaan mengagungkan
segenggam tanah? Kekuasaan milik Tuhan, Penguasa Alam Semesta. Kini setelah kuketahui
kelemahan dan kedaifanku, aku pun malu pada kedudukanku sebagai raja. Bila kau ingin
memberiku gelar, berilah aku gelar “si malang”. Tuhan Raja Alam ini, maka jangan sebut aku
raja. Kerajaan milik Tuhan; dan aku senang kini menjadi seorang darwis biasa di dunia.
Semogalah Tuhan menyediakan seratus sumur untuk memurukkan diriku hingga aku tak usah
menjadi raja. Lebih baiklah sekiranya aku menjadi pemungut sisa-sisa panenan di ladang-ladang
gandum. Sebut Mahmud hamba-sahaya. Sampaikan restuku pada putraku Masud, dan katakan
padanya, ‘Jika kau ingin menjadi arif, perhatikan peringatan dari ihwal bapamu.’ Semoga layulah
sayap dan bulu-bulu Humay itu, yang menaungkan bayang-bayangnya padaku!”


Qasidah Cinta Imam Al-Ghazali Kitab Al-Mahabbah Wa Asy-Syauq Wa Al-Uns Wa Ar-Ridha

Hadiah Bagi Para Pecinta
nasehat imam ghazali

Menurut Imam Al - Ghazali telah diriwayatkan dari sebagian Ulama salaf bahwa Allah swt memberi wahyu kepada salah seorang Shiddiqin :
"Aku mempunyai hamba hamba yang mencintai-Ku. Aku juga mencintai mereka.
Mereka merindukanku, Akupun merindukan mereka.
Mereka mengingatku, Akupun mengingat mereka.
Mereka memandangi-Ku, Akupun memandangi mereka.
Jika kamu mengikuti jejak mereka, Maka Akupun mencintai mu. Namun, Jika kamu berpaling dari mereka, Maka Aku akan membenci mu".

Dia bertanya : "Wahai Tuhanku, Apakah tanda-tanda mereka" ?
Dia berfirman :
"Mereka menjaga keluhuran di siang hari seperti pengembala menjaga dombanya dengan mata awas senantiasa. Mereka merindukan tenggelamnya matahari seperti burung merindukan sarang saat senja menjelang.

Ketika malam terselubung dalam kegelapan, alas tidur dihemparkan, keluarga lelap dalam keletihan dan sepasang kekasih berduaan penuh damai, Mereka melangkahkan kaki menuju Aku, Membentangkan wajah ke arah-Ku, Bermunajat dengan firman-firman-Ku, Dan bergegas menyambut nikmat-Ku.
Antara berteriak dan menangis,
Antara mengadu dan mengeluh,
Antara berdiri dan duduk,
Antara rukuk dan sujud,
Aku saksikan sendiri dengan mata-Ku apa yang mereka tanggung demi Aku.
Aku dengarkan dengan telinga-Ku sendiri dengan apa yang mereka keluhkan demi kecintaan mereka kepada-Ku.

Ada tiga hal yang pertama tama Aku berikan kepada mereka.
Pertama.
"Aku lontarkan cahayaku ke relung hati mereka, Lalu mereka mengabarkan informasi tentang Aku sebagaimana Aku mengabarkan informasi tentang mereka".

Kedua.
"Kalau langit dan bumi dipertandingkan dalam mereka, Niscaya Aku utamakan mereka dan Aku sepelekan langit dan bumi itu".

Ketiga.
"Aku hadapkan wajah-Ku pada mereka. Ketika Aku hadapkan wajah-Ku pada mereka. Ketika Aku hadapkan wajah-Ku pada seseorang, semua tahu apa yang hendak Aku berikan kepadanya".

Sabtu, 18 Maret 2017

Nasehat Waliyullah Syaikh Abdul Qadir Jailani Dalam Kitab Jala Al-Khatir

nasehat syaikh abdul Qadir Jaelani

Syekh Abdul Qadir Jaelani mengatakan :

Tips Untuk Bunuh Diri Live Di Facebook Bagi Yang Masih Waras

bunuh diri live di fb

Mencermati Pola BUNUH DIRI yang disiarkan langsung di Facebook oleh pelaku bunuh diri itu sendiri yang bernama Pahinggar Indrawan pada hari Jum'at, 17 Maret 2017, ada beberapa fenomena menarik terkait peristiwa memilukan itu, dan ini adalah TIPS BUNUH DIRI yang 'baik'

1. Jika mau bunuh diri sebaiknya jangan disebar di muka umum, biar ngga pada heboh.

2. Simpul Ikatan tali seharusnya di belakang leher, sebab kalo di depan leher membuat proses tewasnya lebih lama.

3. Jarak kaki dengan lantai agak tinggi sehingga ketika kaki lepas dari kursi simpul ikatan langsung beraksi menjerat leher.

4. Cara menyampaikan pesan dan kesan terakhir sebaiknya ditulis di secarik kertas saja dan jangan lupa ditandatangani.

5. Pilih hari di hari Jum'at, hal ini bisa membuat Malaikat bingung mau kasih dosa bunuh diri atau mau kasih keutamaan meninggal di hari Jum'at.

6. Jika tetep ingin disiarkan langsung lewat sosial media, sebaiknya pilih orang terpercaya untuk bantu merekam sehingga jika ada kesalahan proses bisa segera diperbaiki.

7. Jika anda WARAS dan masih PUNYA IMAN, jangan lakukan keenam hal diatas, ambillah air wudhu, pergilah ke masjid, lakukan Sholat Sunnah Taubat barangkali benar-benar wafat saat sedang melakukan Sholat.

Demikian TIPS bagi orang yang masih punya NALAR SEHAT, Semoga tidak terulang kembali peristiwa yang tragis tersebut.

( Imron Rosyadi )

Video orang bunuh diri secara langsung ( live ) di FB: ( Jangan ditiru! )


Download Lagu RABBANI 3G Ciptaan Tuangku Syaikh Muhammad Ali Hanafiah

lagu religi new RABBANI 3G cipt tuangku syeikh m.ali hanafiah


Download lagu-lagu religi dari group nasyid RABBANI 3G. Lagu-lagu religi yang sangat menyentuh hati yang menghadirkan ketenangan dan kedamaian. Lagu-lagu dari RABBANI 3G diciptakan dan di tulis oleh Tuangku Syaikh Muhammad Ali Hanafiah Ar-Rabbani

Lagu religi ini adalah unggahan para fans dan pencinta RABBANI 3G serta jamaah dan murid Tuangku Syeikh Muhammad Ali Hanafiah di Youtube, Untuk versi Originalnya ( album ) silahkan unduh disini:

Silahkan didownload 5 buah lagu religi dari RABBANI 3G ( Versi Youtube )

Enkaulah Langit dan Bumiku

Cinta Agama Bela Negara

Hasrat Perindu

Karena Cinta

Nyata-Nya Tak Terbantahkan

Ikuti cara download video Youtube dengan mudah tanpa software dan tanpa ribet di: 

Jumat, 17 Maret 2017

Keunikan Batu Gua Ngalau Indah Batu Kapal Solok Selatan

Keunikan dan keindahan Gua Ngalau Indah Batu Kapal Sangir Balai Janggo 

gua batu kapal solsel

Baru terekspos ke publik sebuah Gua unik dan indah, GUA NGALAU INDAH BATU KAPAL, Gua yang terbuat dari keelokan batu lumut warna-warni dengan bermacam-macam bentuk yang unik, stalagtit dan stalagmit, sangat mempesona. Goa yang saat ini menjadi tren wisata Solok Selatan terletak di Jorong Ngalau Indah Nagari Sungai Kunyit Barat Kec. Sangir Balai janggo Solok Selatan.

Penampakan batu-batu pada Gua Ngalau sangat unik, aneh dan menarik. berikut kami unggah beberapa buah foto batu-batu unik di Gua Batu Kapal:

Sumber foto : Jilatang Api, Sandy Putra















Syaikh Ahmed Deedat Membantah Keyakinan Wahabi Tentang Tuhan Dilangit

TUHAN NAIK TURUN DALAM AQIDAH WAHABI DI BANTAH OLEH PAKAR KRISTOLOGI DUNIA
membantah wahabi

Syaikh Ahmed Deedat seorang ulama terkenal, pakar Kristologi kelas dunia membantah keyakinan dan paham mujassimah Salafi Wahabi yang mengatakan bahwa Tuhan Tinggal dilangit dan pada sepertiga malam turun ke bumi. Tapi turun kebumi dalam akidah Wahabi adalah betul-betul turun dari atas ke bawah sebagaimana turunnya benda atau makhluk dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah.

Dalam karya fenomenalnya THE CHOICE Dialog Islam Kristen Syaikh Ahmed Deedat menulis pada Bab VIII  CARA TUHAN BUKAN CARA KITA. halaman 451:

" Sungguh menyedihkan dan menyayat hati! Suatu ucapan yang sinis mengatakan bahwa Tuhanpun akan turun dari singgasananya mendengar doa yang seperti itu ( Tuhan Yang Maha Kuasa tidak turun maupun naik, Dia hadir dimanapun jua )".

Walaupun sebenarnya Buku The Choice Syaikh Ahmad Deedet tersebut adalah menyindir dan melawan propaganda kaum Kristen dan misionaris yang telah mempermainkan kitab suci tuhannya sendiri, tapi kalimat yang diatas adalah pendapat atau akidah Syaikh Deedat sendiri, silahkan di telaah!

Secara tidak langsung tulisan sang maestro Kristologi yang di takuti pendeta dan misionaris di seluruh dunia ini dengan telak membantah akidah kaum Wahabi Salafi yang menyerupakan Tuhan dengan Makhluk yang bisa turun naik layaknya benda yang terkurung dalam ruang dan waktu.

Berikut hasil scan dari buku The Choice Syaikh Ahmed Deedat halamn 451





Sindiran Pedas Tere Liye Kepada Ahoker Calon Penonton Pulau Reklamasi


Ilustrasi Ahokers hanya jadi penonton di Pulau Reklamsi


Tere Liye menyindir para pembela Ahok ( Ahokers ) yang mati-matian mempertaruhkan jiwa raganya untuk memenangkan Ahok ke DKI 1. Padahal jelas tujuan utama Ahok untuk jadi GubernurDKI Jakarta adalah untuk memuluskan proyek raksasa Pulau Reklamasi Teluk Jakarta. Yang mana calon penghuninya adalah golongan atas ke yang lebih atas ( konglomerat, miliyarder ).

Lalu jamaah Ahoker dapat apa? Dapat bengongnya!

Jadilah mereka penonton tetap sambil menyesali perbuatan mereka dahulu yang telah mengangkat orang yang salah jadi pemimpinnya.

Tere Liye dalam akun  Facebooknya:

*Bohong

Inilah Pluit City! Salah-satu pulau reklamasi di masa depan. Ada puluhan menara apartemen, perkantoran, mall, perumahan, dsbgnya. Salah-satu gambar masa depan dari belasan pulau yang sedang dibuat di pantai utara Jakarta. Jutaan kubik tanah, pasir akan ditumpahkan untuk membentuk pulau ini.

Siapa yang bisa menikmati pulau2 ini? Kita?

Sorry, dek. Tahun 2013, satu petak rumah tapak di sini, dijual dengan harga paling murah 3,9 Milyar (6x18m). Belum jadi sudah segitu harganya. Kalau sudah jadi betulan, bisa 6-8 Milyar rumah 100m persegi. Situ mau beli? Kalau gaji cuma Rp 30 juta per bulan, ngimpi. What? Gaji cuma 5 juta per bulan? Nasib. Paling cuma numpang lewat doang, itupun kalau jembatannya tidak diportal sama mereka.

Susah sekali menjelaskan soal ini ke pendukung reklamasi. Hello, siapa yang akan menikmati pulau tersebut? Kelompok super elit. Kita mah, cuma penonton. Rugi amat belepotan mendukung, kagak dapat apa2.

Hentikan reklamasi! Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dsbgnya, hentikan! Demi keadilan sosial, itu masih ada di pancasila kita loh? Atau kita hapus saja sila tentang ini? Kalau situ mau bangun 'giant sea wall', maka bangun saja 'wall'-nya tanpa pulau buatan, nggak usah pakai kedok, tapi ujung2nya tujuannya lain.

*foto dari website Pluit City



**Jika kalian benci baca postingan ini, tolong bantah dengan argumen setara. hari gini cuma modal maki, nge-bully, dll, sudah kagak jaman. dan sy doakan, semoga besok2 kalian memang menikmati hasil reklamasi ini.


Kamis, 16 Maret 2017

Zikir HU Adalah Ungkapan Rindu Dan Cinta Para Sufi



Perjalanan ruhani adalah perjalanan rasa jasmani kepada rasa ruhani menuju rasa nurani yang merasakan kehadiran Allah, kedekatan, dan kenyataan Allah.

Selasa, 14 Maret 2017

GOA BATU KAPAL Sangir Balai Janggo Foto Keindahan Alam Solok Selatan


Solok Selatan menyimpan sejuta pesona alam. Salah satu keindahan pesona alam lukisan Sang Pencipta yang yang mulai terkuak dan terekspos adalah Goa Batu Kapal. Goa Batu Kapal yang terdapat di Kecamatan Sangir Balai Janggo Solok Selatan, tepatnya di Jorong Ngalau Indah Nagari Sungai Kunyit Barat Kecamatan SBJ.

Minggu, 12 Maret 2017

Rahasia Jarak Waktu Sholat Pada Jari Tangan Manusia

intiruh.blogspot.co.id - Manusia adalah alam kecil artinya segala sesuatu yang ada pada alam semesta telah tercantum dalam diri manusia lahir dan batin. begitu juga dengan semua rahasia-rahasia Ilahi semuanya ada dalam diri manusia yang dinobatkan oleh Penciptanya sebagai makhluk yang sempurna. Banyak rahasia-rahasia Tuhan yang sudah terbongkar dalam diri manusia, itu juga karena izin-Nya, diantaranya adalah rahasia jarak waktu sholat.

Allah menciptakan dan memerintahkan sholat dengan waktu-waktu tertentu, jarak antara sholat yang satu dengan sholat yang lain tidak sama, persis seperti penampakan pada jarak antara jari jemari pada tangan manusia. Inilah yang akan kita bahas kali ini rahasa jarak waktu sholat persis dengan jarak antara jari-jari tangan manusia.

Penemuan rahasia ini hanya sebuah hikmah yang tidak bisa dijadikan sebuah hukum atau pegangan dalam hal ibadah, muamalah atau yang lain-lain, hanya hikmah bagi yang bisa mengambil manfaat.

 


1. Subuh
Kalo mau jujur, justru sebenarnya subuhlah yang membantu kita untuk bisa memulai aktivitas kita lebih awal, sehingga segala persiapan aktivitas menjadi lebih sempurna.

2.Dzuhur
Panjangnya jarak antara subuh dan dzuhur, sebenarnya harus bisa menyadarkan kita bahwa Allah sangat memaklumi aktivitas kita, maka jangan berat hati jika Allah meminta waktu kita untuk sholat di waktu istirahat kita (waktu Dzuhur).

3. Ashar
Setelah tadi kita melanjutkan aktivitas selepas istrahat, Allah juga tidak mengganggu kita sampai waktu kita menyelesaikan aktivitas/pekerjaan kita. Maka jangan berat hati juga jika Allah meminta waktu kita untuk sholat Ashar.

4. Magrib
Dan ketika kita telah sampai dirumah dan berkumpul bersama keluarga di waktu magrib. Masihkah kita enggan bersujud kepada Allah ? Padahal Allah telah baik hati memberikan waktu santai bersama keluarga yang kita cintai...

5. Isya
Dan diwaktu penghujung ini, tidak maukah kita diajarkan Allah bagaimana mengakhirinya aktivitas dengan kebaikan (sholat isya) ? Bukankah kita juga tidak tau apakah mata kita akan terbuka lagi setelah tertutup ? Dan bukankah kita tau bahwa doa tidur adalah doa kepasrahan kita akan itu ?

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati"
Setelah itu, istrirahatlah. Karena Allah gak akan mengganggu istirahatmu sampai subuh.
kecuali jika kamu mau meraih kebaikan lebih diwaktu Tahajjud dan fajar bersamaNya.


Sabtu, 11 Maret 2017

FESTIVAL EMPAT DANAU Gelar Budaya Kabupaten Solok Di Danau Singkarak 2017



Kabupaten Solok Sumatera Barat pada penghujung Maret 2017 akan kembali mengadakan sebuah festival besar yang dipersembahkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok. Festival yang akan digelar di Dermaga Danau Singkarak ini akan di gelar pada tanggal 25 hingga 31 Maret 2017. Gelar budaya ini di usung dengan tema EMPAT DANAU CULTURE FESTIVAL 2017 atau Festival Budaya Empat Danau Kabupaten Solok.


Berbagai kesenian tradisional dari Kabupaten Solok akan dipentaskan, nikmati juga pesta kuliner dan jangan lupa cicipi Kopi Solok yang mendunia di Coffee Booth and Clinic, serta Grand Final Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok 2017.


Pada acara " baralek gadang " ini juga akan diisi dengan off road & trail adventure, lagu minang, randai, pidato pasambahan dan lain-lain


Segera persiapkan diri anda untuk ikut dan berpartisipasi dalam gelar Festival Budaya Kabupaten Solok ini



HIJAB NIKE Penutup Kepala Atlet Wanita Muslimah Modern

hijab atlet nike


Hijab atau penutup kepala wanita sebentar lagi akan ngetrend dikalangan atlet, karena brand merk perlengkapan olah raga dunia terkenal NIKE akan meluncurkan hijab khusus untuk atlet muslimah yang bertujuan untuk menghormati para atlet muslimah yang terkadang karena taatnya mereka kepada agamanya rela mengundurkan diri dari pertandingan dari pada harus memperlihatkan auratnya ( rambut ) kepada orang yang bukan muhrimnya.

Ini beritanya kami dapat dari Portalislam.id

Menjelang Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Maret, NIKE mengumumkan rangkaian seri produk baru untuk atlet muslimah.

Rangkaian produk baru yang sangat istimewa ini menjadi sebuah isyarat dukungan penuh NIKE untuk perempuan yang ingin berolahrag dengan pakaian yang menutup aurat.

Produk istimewa NIKE yang diberi label Pro Hijab ini akan resmi diluncurkan pada musim semi tahun 2018, dibandrol dengan kisaran harga US$ 35 dan hadir dalam warna hitam, abu-abu dan obsidian.

Dengan kualitas bahan yang sempurna, ringan, dan breathable, seri Pro Hijab ini juga tak mudah berkerut, sehingga para
pemakainya tak perlu merasa kuatir saat berolahraga.

Memang, NIKE bukanlah produsen pakaian olahraga yang pertama merancang dan menjual jilbab atletik berupa penutup kepala dan pakaian khusus untuk olahraga air, namun NIKE adalah brand atletik besar pertama, dengan nilai aset sebesar US$ 27 miliar, yang memiliki kepedulian pada para muslimah.

"Nike Pro Hijab akan menjalani proses pembuatan selama setahun," rilis The Independent.

Apa yang memotivasi Nike untuk berani melawan arus di tengah maraknya Islamphobia yabg terjadi bahkan di begara berpenduduk mayoritas Islam?

Ternyata motivasi kuat itu didapat dari misi pendiri Nike, Phil Knight dan Bill Bowerman yang berkeinginan untuk melayani semua atlet.

Para pendiri NIKE memiliki semboyan istimewa, "Jika Anda memiliki tubuh, maka Anda adalah seorang atlet."

Dalam merancang seri Pro Hijab, NIKE menggandeng atlet profesional dan amatir yang memakai jilbab.

Menjelang pengumuman peluncuran seri Pro Hijab, NIKE Timur Tengah merilis sebuah iklan yang menampilkan atlet perempuan dari Timur Tengah dan Afrika Utara.

Dalam tayangan iklan berbahasa Arab tersebut, seorang narator menanyakan, "Apa yang akan mereka katakan tentang Anda?"

Narator kemudian meminta para atlet muslimah yang mengenakan hijab itu untuk keluar dan berlari.

Nampak dalam iklan tersebut, Amal Mourad (pelatih parkour), Zahra Lari (atlet ice skating), Ines Boubakri (atlet anggar) dan Arifa Bseiso (atlet tinju).

Jika perusahaan sebesar NIKE saja memiliki kepedulian kepada para muslimah, masihkah para muslimah di Indonesia ragu untuk berhijab? Semoga saja tidak.

Video iklan hijab Nike



FOPPSI Solok Selatan Terbentuk Serta Kepengurusan Awal 2017

FOPPSI SOLOK SELATAN


Foppsi diharapkan dapat menjawab persoalan yang ada seperti tingkat kesejahteraan operator pendidikan yang masih rendah.

"Kesejahteraan terhadap pegawai operator saat masih jauh dari harapan yang diinginkan. Semoga dengan adanya Foppsi ini wadah perjuangan kami dalam hal peningkatan hak-hak kami yakni dari gaji," ujar Salah satu Anggota FOPPSI Kab. Solok Selatan.

Pembina Foppsi Kab. Solok Selatan menjelaskan forum tersebut berfungsi untuk memberikan perlindungan hukum kepada operator sekolah dalam melaksanakan tugas Sebagai operator pendataan pendidikan yang terdapat di setiap sekolah.

"Kembali lagi semoga dengan forum ini, kesejahteraan terhadap kami para operator bisa lebih baik karena kita tahu sendiri pegawai honorer kondisinya masih jauh dari harapan," Ujar salah satu Anggota.

"Dengan forum ini juga agar informasi yang kita dapat menjadi satu pintu dan tidak terpecah-pecah lagi," katanya.

Dijelaskan untuk sekarang, anggaran dalam operasional dan gaji pegawai operator sekolah masih melalui dana biaya operasional sekolah.

Disamping bertanggung jawab dalam pengiriman data, operator juga berperan penting dalam memajukan dunia pendidikan khususnya Kabupaten Solok Selatan.

Kepengurusan FOPPSI Solok Selatan untuk periode pertama:


Pelindung Kadis. Pendidikan Kepemudaan Dan Olah Raga
Penanggung Jawab ( Kabid. GTK)
Pembimbing (Operator Dapodik Dinas )


Ketua Umum                                      
Wakil ketua I      
Wakil Ketua II                                    
Wakil Ketua III                  
Sekretaris Umum                                
Wakil Sekretaris Umum                    
Wakil Sekretaris Umum                    
Bendahara                                                           
Wakil Bendahara                                               
Wakil Bendahara                               
Ka. Biro Organisasi dan Kaderisasi                 
Ka. Biro Ketenagakerjaan dan kesejahteraan
Ka. Biro Informasi dan Komunikasi                              
Ka. Biro Penelitian dan Perkembangan         
Ka. Biro Pendidikan dan Pelatihan                 
Ka. Biro Pengembangan Karier dan Profesi  
Ka. Biro Pemberdayaan Perempuan              
Ka. Biro Pengembangan Kesbud & Olahraga
Ka. Biro Pengabdian Masyarakat                  
Ka. Korwil KPGD                                                                
Ka. Korwil Sungai Pagu                                                     
Ka. Korwil Pauh Duo                                                         
Ka. Korwil Sangir                                                                
Ka. Korwil Sangir Jujuan                                                  
Ka. Korwil Sangir Balai Janggo       
Ka. Korwil Sangir Batang Hari                                        
:
:
:


:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
Drs.ZULKARNAINI,MM
RIDWAN,S.Pd,MM
YELDI  WARDISOL, S.Kom


HERMAN SUGIANTO
AIDON EDISON
VICTOR ANDETRA         
HENDRI NOVA YENDRZAL
SUKRIA MINOLA
NELA OKTARIA
SISKA MARTA MANDA SARI
EFRIYANI
MELIATI
SEFWINDA FIRMA SARI
SALNEDI
SADINO
RIO AFDANI KURNIAWAN
HEFRI MANANDO
JONES RIKQI
WELDAWATI
DELFI YELNI
VRENGKI
SUSANTI HERAWATI
HEFRI  MANANDO
ADRIANSYAH
VRENGKI
ROMA ISKANDAR
AIDON EDISON
JONI HERMAN
EKA LENA

http://foppsikabsolokselatan.blogspot.co.id