Senin, 15 Februari 2016

Linux Jauh Lebih Keren Dari Windows, Ini Buktinya !

Linux Os Bergengsi

linux jauh lebih keren dari windows


Sistem Operasi Linux seperti Ubuntu dll sebetulnya jauh lebih keren dan lebih bagus jika di bandingkan dengan Os Windows, walau dengan Windows 10 sekalipun.
Pernyataan ini bukan sekedar mengada-ada, ada beberpa hal yang membuktikan akan pendapat ini yang akan segera kami uraikan:

1. Privasi
Jelas privasi pengguna adalah hal yang wajib diperhatikan. Dan di awal perilisannya Windows 10 sudah membuat "blunder" dengan fitur "spying" nya. Fitur yang mengirim setiap ketikan user Windows ini ditujukan Microsoft untuk meningkatkan speeling / kamus OS Windows. Namun tentu banyak orang menganggap ini merusak privasi mereka. Yah meskipun pada akhir nya kita diberi opsi agar bisa mematikan opsi ini, tetap saja ini membuat kesan yang buruk.

2. Tampilan DE ( Dekstop Environment ) yang Permanen
Silahkan perbandingan tampilan Windows 8 ke Windows 10, meskipun sebagian beranggapan kalau perubahan itu positif,  namun tentu sebagian orang yang terlanjur nyaman dengan tampilan DE yang lawas ingin mempertahankan tampilannya.
Berbeda dengan Ubuntu Linux yang bebas mengganti DE nya sesuka hati, bahkan dari Gnome ke xfce pun gampang.

3. Keamanan
Sepertinya varian virus TETAP akan menargetkan sasarannya ke Windows. Dan kita diharuskan memberi keamanan tambahan seperti Anti Virus Premium yang secara legal harus merogoh kocek yang lumayan dalam. Itupun beberapa virus yang tidak ter include di dalam database AV nya tetap langgeng masuk ke OS. Dan sepertinya Linux tidak punya masalah dengan itu.

Tapi Windows support untuk gaming ..
Dari dulu emmang itu yang diunggulkan Windows. Tapi di 2016 ini, game di steam pun akan lebih banyak yang di develop agar support di Linux. Kecuali kalian penggemar game tani ( bajakan ) loh ya..

Windows 10?
Windows 10 "mencontek" beberapa fitur di Ubuntu Linux.
Contohnya Desktop workspaces. Yep fitur yang mungkin barang baru bagi pengguna Windows tersebut sudah sejak lama tersedia di Ubuntu Linux.
Serta Package Manager Windows Store. Di Linux fitur tersebut sudah ada sejak lama.

Keunggulan-keunggulan Linux dibandingkan dengan Windows :

1. Anda tidak perlu membeli Linux OS dan mengeluarkan Uang yang mahal untuk membeli CD Windows yang Original.

2. Anda tidak perlu takut Untuk di Sweeping atau di Razia Software karena Linux Free.

3. Anda telah membantu mengurangi Pembajakan Software dan tidak perlu membeli Licensi Key/ Keygen.

4. The TCP / IP protokol dibangun pada UNIX komputer (Linux)

5. Sedangkan Windows hanya embraced TCP / IP sebagai protokol asli dari Windows 2000.

6. Sobat tidak perlu defragment.

7. Linux lebih aman karena Linux memiliki filosofi menjalankan proses pada tingkat terendah yang diperlukan akses.

9. lebih dari 80% dari atas 500 supercomputers di dunia menjalankan Linux.

10. Jika anda memerlukan sebuah kantor suite Anda dapat men-download Open Office (Free).

11. Anda tidak menderita vendor lock-in dengan Linux.

12. Linux OS dapat menjalankan distribusi yang sama persis pada sistem 32-bit, 64-bit sistem sedangkan Windows Bajakan yang sering digunakan di Indonesia adalah Windows 32 Bit.

13. Komunitas linux adalah orang yang berlimpah dengan keinginan untuk saling membantu memecahkan masalah apapun pengalaman serta berbagi tips dan ide untuk kreativitas.

14. Linux tidak crash tanpa alasan jelas sewaktu di Jalankan.

15. Linux tidak dapat membuat sistem anda unusable seperti yang sering di temukan di Windows.

16. Pada Sistem Operasi Windows ketika selesai Update Antivirus dan Instal software seringnya meminta untuk Restart/reboot bahkan kadang Restart secara Otomatis .Tetapi Linux tidak reboot dengan sendirinya (Otomatis).

17. Linux dapat membaca dengan baik lebih dari seratus berbagai jenis file system.

18. Sobat memiliki hak untuk mengubah apa-apa saja yang berada di dalam Linux jika memiliki kemampuan dan skill asal masih mencantumkan Varian Linuxnya.

19. Sobat tidak akan terjebak dengan legacy application di mana vendor maupun providernya telah ditutup dan tak dapat memperbaruinya.

20. Linux happily akan menginstal sendiri pada partisi hardisk logis. Anda tidak dibatasi untuk partisi utama.

21. Linux dapat dijalankan dari CD tanpa harus mempengaruhi apa yang sudah di hard disk dari komputer.

22. Tidak ada 1 Sistem Operasipun yang bisa meng-klaim terbebas dari serangan Virus maupun Trojan termasuk Linux.Tapi setidaknya Linux tetap lebih aman karena Linux merupakan Open source dan masih sedikitnya orang yang mengetahui tentang Scripting pembuatan Virus di Linux.

23. Pada Linux Anda mendapatkan khusus suite yang berisikan pendidikan dan permainan. Windows versi ini tidak dikembangkan, dan harus membeli Licensi.

24. Anda tidak perlu untuk mencari Resor vendor atau menggunakan situs Windows Update untuk melakukan sesuatu pekerjaan.

25. Anda dapat membuat sendiri distro Linux jika Anda inginkan.

26. Linux dapat membantu Anda menghapus spam tanpa biaya. Bahkan, Spam Assassin – salah satu yang paling populer open source anti-spam system – adalah dasar dari banyaknya komersial produk anti-spam. Kontras oleh produk seperti Symantec Mail Keamanan adalah sekitar $ 30/mailbox. Layanan seperti MessageLabs juga biaya per surat.

28. Perangkat lunak open source menawarkan versi yang lebih baik dari Microsoft Office SharePoint Server dari Microsoft.

29. Linux adalah sebuah sistem multi-user . Anda dapat memiliki banyak ratusan semua pengguna Linux yang bekerja di salah satu sistem. Sedangkan Windows Terminal Services menawarkan tapi tidak standar, dan ada yang ekstra lisensi per pengguna.

30. Linux sangat kuat bahasa scripting yang memberikan kekuatan besar untuk sistem administrator.

31. Proyek honeypot menemukan bahwa sebuah unpatched Linux server dapat lebih bertahan jika terkoneksi dengan Internet. sementara patch Windows server akan bangkrut dalam waktu beberapa jam.Bahkan tanpa patch, Linux masih lebih baik daripada Windows.

32. Linux tidak membatasi bagaimana konten digunakan pada sistem. Tidak ada manajemen hak digital (DRM) perlambatan bawah komputer atau menyebabkan konflik dengan hardware atau software. Tinggi kualitas audio visual keluaran tidak artificially direndahkan. Dengan Linux anda dapat memutar musik, menonton film dan menjalankan perangkat lunak. Sistem operasi tidak akan terganggu dengan adil-hak untuk menggunakan konten Anda sendiri.

33. Linux jauh lebih stabil.

34. Berapa banyak kertas dan plastik yang digunakan untuk membuat dan mendistribusikan semua kotak set produk Microsoft? Linux bebas didownload dari Internet.

35. Beberapa vendor perangkat keras seperti ASUS akan mencari embedding Linux di silicon untuk membuat generasi berikutnya komputer mulai lebih cepat. Anda tidak boleh melakukan ini dengan Windows, dan jika tidak mungkin ia akan datang dengan kenaikan harga karena perizinan.

36. Linux tidak akan mati karena open source dan Free.Tidak seperti Sistem Operasi yang Lain.

Untuk itu segeralah berhijrah ke Linux sebelum anda kecewa
Tersedia banyak distro atau pilihan seperti Ubuntu, Linuxmint, Debian, Zorin, Voyager dll

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton, sungguh rugi diakhirnya nanti.

9 comments

klo komputr d bikin dual boot, windows & linux aman mas?

InsyaAllah aman, tapi pahami dulu tata caranya supaya tak salah langkah

yeah, ane pake arch linux sampai sekarang aman & nyaman haha, tapi di dualboot dengan windows kalo mau main game :v wahaha

aku dari dulu juga pengen pake linux mas.tapi takutnya kurang suport sama software yang aku perlu...

Saya juga pake kompi jadoel, linux bisa jalan pada komputer dg RAM 512MB sekalipun, untuk instal cuma butuh partisi setidaknya 7 GB

Artikelnya keren sih...
Mas saran saya sehabis translate edit dulu tata kalimatnya sebelum posting, biar gak berantakan bahasanya, jadi keliatan kalo copas.. #CMIW

makasih atas wejangannya, akan kami pertimbangkan

mungkin yang dia maksud software untuk kerja?