Sabtu, 24 November 2018

Rumah Gadang Panjang Abai Solsel Situs Sejarah Terpopuler di Indonesia 2018




Setelah tahun lalu memperoleh Penghargaan sebagai Juara I sebagai Kampung Adat Terpopuler tahun ini di kompetisi yang sama, Rumah Gadang Panjang, Abai, Solok Selatan, juga keluar sebagai juara I pada malam puncak Anugrah Pesona Indonesia (API) tahun 2018 kategori Situs Sejarah Terpopuler setelah mendapat vote tertinggi sebesar 63,1 persen.

Penghargaan itu, diserahkan oleh Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I, Kemenpar RI, Masruroh kepada Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria pada malam puncak penganugrahan API 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Muzni Zakaria yang didampingi Ketua TP-PKK Ny. Suriati Muzni usai penerimaan penghargaan mengatakan, keberhasilan yang diterima ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak.

"Kita sangat bersyukur atas capaian ini, kami ucapakan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan berperan aktif menjadikan Rumah Gadang Panjang, Abai sebagai juara I pada API tahun 2018 kategori situs sejarah terpopuler. Dan ini penghargaan API untuk kedua kalinya," katanya.

Menurutnya, penghargaan ini diharapkan menjadi momentumdan motivasi bagi semua pihak untuk lebih mempersiapkan pariwisata Solok Selatan untuk lebih baik kedepan.

Kemudian, promosi destinasi wisata ini juga tidak terlepas dari para penggiat wisata dan penggiat media sosial.

"Sekali terima kasih tak terhingga, kepada semua atas capaian ini. Dan kedepan kita wisata Solok Selatan ini menjadi wisata yang terbaik dan dikenal," katanya.

Rumah Gadang Panjang 21 ruang dengan panjang hingga mencapai 84 Meter tersebut keluar menjadi juara I API 2018 kategori Situs Sejarah Terpopuler dengan posisi vote 63,1 persen. Jauh mengungguli pesaingnya juara II patung mejan, Kabupaten Pakpak Barat dengan vote 18 persen&juara ke III Gua Liangkabori, Kab. Muna dengan vote 7,70 persen.

API sendiri adalah ajang pariwisata terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI.
Kegiatannya dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada obyek dan tujuan wisata terpopuler di Indonesia.

Sebelumnya dilombakan, penyelenggara API juga telah melakukan seleksi secara komprehensif, dengan melibatkan banyak stakeholder untuk memilih destinasi wisata mana yang menjadi nominasi sebelum di-vote, baik pemerintah pusat, pemda, ahli pariwisata, jurnalis senior, dan juga masyarakat.

Juara 1 kategori situs sejarah terpopuler
Sumber: Humas dan Protokol Solok Selatan


Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton, sungguh rugi diakhirnya nanti.