Jumat, 01 Juni 2018

NOL-kan Hatimu InsyaAllah Keyakinan Itu Akan Datang Bersama Pemiliknya


Pernah suatu ketika murid dari Tuangku Syaikh Muhammad Ali Hanafiah ( murid-murid beliau biasa memanggil beliau dengan panggilan Tuangku”) bertanya tentang keyakinan kepada beliau;

” Tuangku, sebenarnya keyakinan itu apa? Apakah keyakinan itu adalah yang ketika kebal dari segala benda tajam atau bisa menguasai hal-hal gaib atau ketika seseorang yakin pada Allah maka ibadahnya menjadi lebih istiqomah? ”

Karena mengenal dan mengetahui watak dari murid-murid beliau, maka beliau pun menjawab;

” Sebenarnya bukan keyakinan itu yang menjadi pokok permasalahan, tapi yang menjadi dasar adalah bagaimana kita bisa mengosongkan hati kita dari nafsu dan ego, dari cinta dunia, dan dari segala sesuatu yang menghalangi hati kita untuk merasa bahwa sesungguhnnya kita bukan siapa-siapa dan tidak memiliki apa-apa di dunia ini. Insyaallah jika hati kita telah kembali ke titik nol pada ke fakiran(ketiadaan) kita insyaallah keyakinan itu akan datang bersama pemiliknya”

Subhanallah, sungguh sebuah jawaban yang mengejutkan nafsu dan ego karena tak terbaca oleh akal dan fikiran, sebuah jawaban yang dirasa sang murid seperti membolak-balikan dunia dengan tangan dan mengeluarkanya dari dalam hati.

(kisah diatas adalah benar adannya walaupun kalimat-kalimat yang dituliskan tidak sama persis)

Sumber: https://suficenter.wordpress.com

Artikel berikut:

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.