Minggu, 03 Desember 2017

Keluarga Ustadz Abdul Somad - Tuan Syeikh Silau Laut Ulama Besar Kakek Abdul Somad LC MA

keluarga ustadz abdul somad

Ternyata Ustadz Abdul Somad seorang keturunan ulama besar, terlahir dan tumbuh dibawah asuhan keluarga yang taat dan sholeh. Kakek beliau seorang ulama yang sangat disegani, ulama sufi yang beraliran tareqat Syattariyah. 

Pantas saja Ustadz abdul somad begitu garang sekaligus santun dan berisi dalam setiap penyampaian dan tausiyahnya, hal ini mungkin dikarenakan darah kakeknya Tuan Syeikh Silau laut yang mengalir dalam dirinya.

Berikut penjelasan yang kami dapat dari akun Ulong Alex

TUAN SYECH SILAU LAUT
(KAKEK USTADZ ABDUL SOMAD, LC, MA)

Syekh Abdul Rahman Silau atau lebih dikenal sebagai Syekh Silau Laut adalah putera dari pasangan Nahkoda Alang yang berasal dari Rao (ayah) dan Andak Siret (ibu) yang berasal dari Batubara.

Ia berguru antara lain kepada Tuan Baqi dari Langkat kemudian melanjutkan ke Kedah, Kelantan, dan Pattani sebelum akhirnya menuntut ilmu ke Makkah selama tujuh tahun. Di Makkah beliau berguru kepada Syekh Daud Fathoni seorang ulama Tareqat Syattariah. 

Seusai menamatkan pelajarannya di Mekkah beliau kembali ke Sumatera dan mengembangkan Tareqat Syattariah di daerah Silau Laut hingga wafat pada 2 Jumadil Awal 1360 H atau 28 Februari 1941, dalam usia 125 tahun. Ia dimakamkan di desa Silau Laut. Di dekat makamnya juga terdapat makam sang istri yang bernama Hj. Maryam dan dua anaknya yaitu Syekh H. Muhammad Ali dan H. Abdul Latief.

Semasa hidupnya beliau tampaknya merupakan tokoh yang dihormati tidak saja oleh anggota jamaah Syattariah saja, bahkan para bangsawan Serdang maupun Asahan memberi perlakuan khusus terhadap beliau. Wujud dari perhatian para penguasa Asahan dan Serdang itu antara lain berupa pembuatan jalan menuju kompleks Tareqat Syattariah pimpinan Syekh Silau Laut. Awalnya adalah jalan setapak yang dirintis oleh Sultan Asahan yang kemudian diperlebar dan diperkeras atas bantuan Sultan Serdang.

Riwayat lengkap Syech Silau Laut baca di:

Komentar ustadz Abdul Somad tentang Syech Silau Laut kami shot disalah satu blog:


Video pernyataan UAS tentang silsilah nasab keluarganya yang mana beliau mengatakan bahwa Tuan Syekh Silau adalah kakeknya;


Artikel Berikut:

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.