Kamis, 01 Juni 2017

Afi Nihaya Plagiator Yang Diagung-Agungkan Liberal dan Ahoker



Asa Firda Inayah atau lebih beken dengan nama akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa, membuat kegemparan di Indonesia dalam waktu beberapa pekan terakhir.

Itu setelah tulisannya di wall Facebook miliknya berjudul “Warisan” viral, karena dianggap membela nilai-nilai toleransi antarumat beragama—yang pada momen ini—tergerus oleh aksi-aksi intoleran.

Berkat serial tulisannya di media sosial, Afi kekinian menjadi terkenal. Ia kerapkali diundang memberikan orasi kebudayaan, diskusi off air, dialog di stasiun televisi, dan diundang banyak para pembesar negara. Bahkan kabarnya hari ini diundang oleh Presiden Jokowi untuk menghadiri upacara peringatan lahirnya Pancasila.

Namun, termutakhir, kehebohan warganet mengenai Afi justru karena ada dugaan dirinya melakukan plagiarisme alias menjiplak tulisan orang lain.

Tuduhan tersebut, persisnya dialamatkan untuk tulisan Afi yang berjudul "Belas Kasih Dalam Agama Kita", yang dipublikasikan memakai namanya di Facebook dan juga dipublis detikcom dengan judul "Pezina yang Diampuni: Belas Kasih dalam Islam" pada 29 Mei 2017.

Ternyata diketahui artikel Afi itu copy paste dari tulisan Mita Handayani dengan judul "AGAMA KASIH" yang diunggah ke Facebook pada 30 Juni 2016 dengan perbedanan pada tanda baca penulisan, pemenggalan kalimat/paragraf dan judul yang diganti. Tambahan lain pada akhir paragraf dan ternyata juga saduran dari kalimat yang diucapkan Malala Yousafzai, gadis Pakistan peraih Nobel itu.

Pringadi , yang kali pertama secara serius mengangkat persoalan plagiarisme Afi ini.

Hal ini pertama kali dibongkar oleh Abdi Surya, pegiat sastra sekaligus bloger dan penulis di Kompasiana
http://www.kompasiana.com/pringadiasurya/drama-dugaan-plagiarisme-afi-nihaya-faradisa_592e7127747a61420332ee81

Jika sekedar copy paste dalam dunia per-status-an, barangkali kita juga sering melakukannya dari status teman yang dianggap bagus, itupun sering kita cantumkan nama penulisnya sebagai alternatif jika kita tak menemukan tombol share pada status teman tersebut.

Namun apa yang dilakukan Afi ini kelewat berani, karena di bawah judul tulisannya ia mencantumkan logo copyright dengan
simbol © sebelum menulis namanya yang dapat diartikan bahwa ia adalah pemilik dan pemegang hak atas karya tulis tersebut.

JEJAK DIGITAL

Tulisan "Agama Kasih" yang awalnya diposting Mita Handayani pada 30 Juni 2016 sekarang tidak lagi bisa ditemukan publik. Ada yang menyebutkan disetting ke privasi "friend" bukan setting public, sehingga wajar jika tidak berteman dengan Mita Handayani tidak bisa melihat postingan Mita Handayani. Ada juga yang mengatakan tulisan "Agama Kasih" sudah dihapus Mita Handayani untuk menutup jejak.

Namun, beberapa postingan serupa, yaitu tulisan Agama Kasih, masih bisa ditelusuri jejak digitalnya.

Saat dikonfirmasi atas tulisan AFI "Belas Kasih Dalam Agama Kita" yang lagi heboh atas tudingan PLAGIAT, Willy Liu menegaskan "(itu) Tulisannya Mita Handayani, Dengan penambahan (edit) sedikit diakhir."

Pasca ramai terbongkarnya plagiarisme ini, akun facebook Afi Nihaya Faradisa saat ini tak bisa diakses. Dihapus atau menghilang?

KEHEBOHAN Afi Nihaya Faradisa dengan tulisan-tulisan ala pemikiran liberalisme ini akhirnya mendapat teguran langsung dari Allah di bulan suci Ramadhan ini, bulan kejujuran.

Cerdas dan pintar itu bagus, tapi Kejujuran itu yang utama.

Rasulullah SAW bersabda:

"Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong)." [HR al-Bukhâri no. 6094]

Plagiarisme adalah kejahatan serius dalam dunia akademisi, bahkan banyak kandidat doktor berguguran karena aksi plagiarisme ini.[portal-islam]

Update:


Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton. Sungguh rugi diakhirnya nanti.

46 komentar

Liberal aja plagiat jg

Wah, orang kritis harus jujur, kalau tidak artinya bukan orang kritis. Maaf ya dik, belajar lagi lah tentang kejujuran.

Ujung2 kopi paste memalukan alias plagiat ... tukang jiplak karya orang lain jurnalismetrotivu

Memalukan

Itulah kubu sebelah, selalu percaya sama yg instan, dulu ketika pak presiden seolah bakal jadi pahlawan kesiangan menyelamatkan negeri ini, nyata lihatlah kondisi skrg, bgtupun mantan gubernur DKI, lagi2 dianggap mampu dgn cepat membawa perubahan ekh pernah dikaitkan dgn kasus korupsi, dan ini bocah yg beranjak remaja dielu-elukan seperti tokoh besar hanya krna mewakili suara golongan tertentu, terxata hasil karya plagiat juga, sudahlah..proses adalah bagian terpenting dlm sebuah peradaban dan tidak bisa instan, perlu waktu dan dekade..trims

Kasihan sekali , masih muda berlaku curang..,
Sedih lihat generasi muda seperti ini, karena pemimpin sering bohong rakyatnya jadi suka berbohong juga.

Masih kah pak Presiden jadi mengundang nya ke istana ???

Yaah, gitu deh, udah ketauan bocah bau kencur gini mempertanyakan eksistensi agama, ternyata gak lebih dari seorang penjiplak

Btw si mita bisa aja dia copy statnya afi yang belas kasih dalam agama terus dia ke status lamanya terus disunting kirimannya, who know's? Itu bisa saja terjadi. Penjiplak atau tidak, kita ga tau. Hanya Tuhan yang tau akan hal itu.

Itulah sekarang, yg di dalam Al-Quran telah nampak dengan jelas, Islam di hujat, ulama di kriminalisasi, banyak yg ngaku Islam tapi bagai buih di lautan, ya Allah SWT berilah kami kekuatan agar dapat mengakhiri semua yg terjadi di negeri NKRI ini...

Hmmm,,sudah saya kira,, tulisan tulisannya terlalu bagus untuk ukuran abegeh,, jangan2 yg saya dan sebagian orang pikirkan itu benar,,dia hanyalah seorang aktor/aktris yg sekedar menjalankan skenario..

Afi, sebelum makaikat maut tiba2 datang mending segera taubatan nasuha. Jika memang mempertanyakan eksistensi agama maka datanglah ke ahli agama, bukan dengan memvonis agama.. Apalagi memvonis agama sendiri.. Emang sudah yakin AFI merasa berhak memvonis agama sendiri?

Ini nih yg membuat gw takut kalo gw mau keluarin semua kata2 mutiara gw di facebook, takut di copas hehe

Ini aja diributin, kalau ga boleh dibaca/dikutip orang lain jangan nulis, saya nulis buku tentang PowerBuilder, coba cek di internet berapa banyak orang yang copy paste tulis saya, tidak satupun yang menyebutkan sumberya. Apa saya marah? Tidak, bangga karena tulisan saya digunakan orang lain.

Seharusnya orang yang sudah kuliah, harus bisa menajdi plagiat, lah kuliah nulis skripsi aja pada ga bisa. Ngomongin orang pinter. Liat tuh Negara China cepat majunya kenapa ? Karena orang2 di China saja pinter2 meniru teklogi yang ada.

Emang waktu dan tanggal postingan bisa disetting? Jelas2 mita lebih dulu buat postingan. Bodoh boleh, tolol jangan . Sedih

yang gitu2 diundang oleh presiden,apa presiden tidak ada kerjaan lain selain jadi provokator

Tlg baca dan pahamin lagi... yg dipermasalahkan bukan si Mita yg tulisannya di copas tp si Afi yg copas dan jd terkenal dg mencantumkan logo copyright... itu permasalahannya...
Dalam case anda beda... mgkin sampe saat ini blm ada yg terkenal sampe di panggil mata najwa gara2 ngutip buku anda... Dan andai itu terjadi, mungkin comment anda jg bakalan beda ttg masalah plagiarism...
Jangan bangga sama china yg suka niru tekhnologi...
Faktanya pasti lebih bangga sebagai pencipta utama drpada yg suka meniru apalagi ngebajak... ini dr sudut pandang kepuasan hati, bukan kepuasan perut...

Syahrial chan, minum dulu bro :p

keren dahhh. satu lagi bikin malu awalnya bangga

Pak syahrial klo saya sakit hati klo tulisan saya di jiplak krna itu sama dengan pencurian.

iya kak, adik maafin

Niatnya mah mao nyerang balik, tapi Ternyata otaknya kaga nyampe. Wkwkwkwk....

Bro, klo yg jiplak tulisan ente trs dia lebih sukses dr ente berkat hasil jiplakan tulisan ente, Yakin ??? Ente ga sakit hati trs ga berkoar mengklaim itu tulisan ente yg dijiplak sm dia. Hahahahaa, kadang mulut sm hati suka ga syncron. Baru" bro tombo ati.

Ckckckckckck astagfirullah, medingan copas artikel ane yang nggak ada muatan liberalisme http://klinikac.com

Etika yang dilanggar cepat atau lambat juga akan terbongkar, menunjukkan kekuasaan Tuhan adalah diatas rencana manusia. Takkan bisa di kalahkan oleh manusia yang penuh tipu daya

Keluarin aja mas jangan ragu ragu daripada sakit perut wkwkwk

Orang liberal kok sampai segitunya di puja y di negeri ini?.malah presiden sampai mengundangnya.apa untuk menjadi org yg cinta nkri harus menjadi liberal?

Klo kata d'massiv
Sukuri apa adanya,,
Jadi ya SUKURIN :v

Betul betul betul
Kata upin ipin

tanggal dan waktu di postingan fb ga bisa di ubah :v payah bani taplak

Saya kwcewa dg afi jika nemang benar dia plagiator..tetapi saya lebih suka esensi tulisannya bkn siapa yg menulisnya. Jadi siapapun yg menulis itu..."aku suka bgt tulisanmu..." Dan buat afi...belajar lagi untuk mnjadi diri sendiri...

Mungkin dia sudah izin terlebih dulu ke mba mita. Positif thinking aja. 😁

Mending bau kencur.. ini mah bau kencing.. tau apa kamu? Nyusu sj msh sm ortu.

Mbok ya kalo komen belajardulu mbak @vivi, jadi kesannya ngasal kan

Yg dibutuhkan negeri ini, trust yg bersumber dr kejujuran, adek ini sudah menanam bibit korup dimasa datang

Afi ngopi di bulan puasa itu ternyata g batal, yg penting flshdist nya jngn di telen ya nak

Tulisan nte gak bermutu, di jiplak org lain pun gak ada ngefek apa2 sama yg menjiplak, ya wajarlah nte gak marah 😀😀😀

Hal ini biarin aja.. kn yg beruntung di undang afi.. jangan mrncari kesalahan orng lain krna dia beruntung msuk tv tpi lebih baik skrng kta introfeksi saja dri kita sndri.. mngkin klian brfkir sya gk ngrti kn? Ea seh sya gk faham yg trjdi tpi lbh baik kta intofeksi dan sllu jaga kerukunan aja

Yang bego itu yg mengapresiasi si plagiat. Dasar bego. Sampah

Mudah2an afi tahan malu ....kasian stop dibully

Awalnya dia galo, biasalah anak abege, biar dapet like banyak, eh malah keenakan. Positif thingking aja, mungkin dia typo pas mau nulis nama nya mita ehh malah autocorrect jadi namanya dia (:

Menyebarkan hal hal baik, akan mendatangkan kebaikan kepada yang membacanya, tidak peduli itu sumbernya dari mana. Tetaplah cari informasi informasi yang baik, sebarkanlah tidak akan ada yang membencimu kecuali mereka yang tidak ingin berita baiknya.