Selasa, 03 Mei 2016

Akreditasi Sekolah SDN 03 Bidar Alam Solok Selatan

akreditasi sekolah sdn 03 bidar alam


Nilai akreditasi sebuah sekolah adalah hal yang teramat penting bagi sebuah institusi pendidikan ( sekolah ), ibaratkan sebuah cap atau label pada sebuah merek dagang, nilai akreditasi adalah sebuah cerminan mutu ( gengsi ) dan kualitas sebuah sekolah. Disinilah wibawa dan karakter sebuah sekolah di tentukan.

Jika sekolah tersebut mendapat nilai A maka secara otomatis nama dan kewibawaan sekolah tersebut akan naik di mata masyarakat, karena nilai A adalah lambang kelengkapan dan kesempurnaan sebuah pengelolaan sekolah yang baik, teratur dan disiplin.

Sedangkan jika nilai sekolah tersebut di bawah seperti E atau tidak terakreditasi ( TT ) ini merupakan sebuah kiamat kecil pada institusi tersebut, mengapa tidak? Nilai E atau TT pada sebuah sekolah melambangkan bahwa sekolah tersebut di kelola dengan serampangan, tidak disiplin, administrasi tidak lengkap, atau lebih jelasnya sekolah tersebut bermasalah, masalah yang serius. Apalagi jika tidak terakreditasi itu berarti sekolah tersebut tidak layak untuk menjalankan sebuah proses pembelajaran ( PBM ).

akreditasi sekolah sdn 03 bidar alam

AKREDITASI SDN 03 BIDAR ALAM

Begitu juga di daerah Kabupaten Solok Selatan Sumaetra Barat, Penilaian atau akreditasi sekolah juga diadakan. Untuk tahun 2016 ini di SDN 03 Bidar Alam juga mendapat " jatah " dari tim asesor untuk di periksa, di teliti, di arahkan semua gurunya, Segala hal yang berkaitan dengan sekolah, kelengkapan administrasi sekolah, ADM kelas dan tetek bengeknya di " lihat " dan di periksa oleh dua orang tim asesor kabupaten yaitu bapak Rusman, S.Pd dan Arman, S.Pd.


akreditasi sekolah


Pemeriksaan semua kelengkapan adm, data surat-surat penting, adm kelas, kelengkapan bahan ajar, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah dan seribu satu hal hal lain termasuk kualitas dan pengetahuan guru dan kepala sekolah pun di uji. 

Namun seorang guru yang memang bekerja dan ahli di bidangnya segala hal tersebut bukanlah masalah, karena segala tetek bengek yang di lihat oleh tim asesor sudah ada dan, lengkap dan tersusun rapi.

akreditasi sekolah

Proses penilaian akreditasi sekolah di SDN 03 Bidar Alam berjalan sukses dan lancar jaya. Tidak banyak kendala yang di hadapi, walau ada juga sedikit ketegangan yang melanda para guru, namun itu tidak berlangsung lama, mereka stress jika ada kesalahan atau bahan yang di kumpulkan tidak lengkap. Tapi alhamdulillah berkat kerjasama dan kekompakan guru dan kepala sekolah semua hal yang akan di nilai telah dipersiapkan dengan matang.

Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton, sungguh rugi diakhirnya nanti.