Senin, 03 Juli 2017

Tokoh Salafi Indonesia " Disemprot " Menteri Bidang Dakwah Arab Saudi Karena Kata Bid'ah



Didepan Da’i Salafi, Pejabat Kemenag Saudi Ingatkan agar Hati-Hati Keluarkan Kata Bid’ah

Kamis (2/3/2017) malam, di ruang lobi hotel Ritz Carlton Kuningan, Deputi Menteri bidang Da’wah pada Kementerian Urusan Keislaman, Da’wah dan Penyuluhan Arab Saudi Dr. Ahmad Jiilan berbincang dengan sejumlah aktivis media dan da’i Salafi.

Diantara yang hadir pada acara itu adalah Pembina Radio Rodja Ustadz Badrussalam, Pembina Surau TV Ustadz Muhamamd Elvi Syam, Direktur Wesal TV Ustadz Afifudin Rohaly, Sekjen Asosiasi Radio- Televisi Islam Indonesia (ARTVISI) Ustadz Diding Sobarudin dan perwakilan dari Jurnalis Islam Bersatu (JITU).

Pertemuan itu adalah bagian dari rangkaian kegiatan rombongan tamu Raja Salman yang berkunjung ke Indonesia selama 1-9 Maret.

Syaikh Jiilan menekankan agar para aktivis dakwah lebih melapangkan dada untuk saling menasihati dan tidak terjebak ke dalam fanatisme kelompok. Salah satu wujudnya adalah membuka diri terhadap orang lain dan memperluas referensi.

“Jangan membatasi diri dengan satu atau dua ulama; satu atau dua buku saja (sebagai rujukan). Pakai juga yang lain! Sehingga ketika ada orang yang hendak mengkritik, mereka tidak mendapatkan celah,” kata beliau, seperti dilaporkan Islamic News Agency (INA).

Syaikh Jiilan menegaskan agar umat Islam tidak mengambil pendapat hanya dari beberapa ulama saja, tetapi ambillah dari ulama di berbagai negeri.

“Saya tidak menyalahkan kalian memakai Syaikh Bin Baz, karena beliau adalah ulama umat, bukan ulama Kerajaan. Tetapi saya ingin kalian juga mengambil ulama Yaman, Mesir, Suriah, dan juga ulama Indonesia (sebagai rujukan),” papar beliau.

Menurut Syaikh Jillan, sikap hormat harus diberikan kepada ulama Indonesia karena mereka yang menjadi panutan umat.

“Sisi lain yang juga perlu diperhatikan, manusia itu mengikuti ulama negerinya. Seiring dengan penghormatan kalian terhadap ulama Saudi dan lainnya, kalian harus menghormati dan mengambil ilmu dari para panutan umat di Indonesia,” tegas beliau.

Syaikh Jiilan berpendapat, bila ada seorang tokoh yang sudah berjasa selama puluhan tahun dalam dakwah Islam, mereka harus dihormati. “Datangilah mereka,” tandasnya.

Belajar dari Sikap Ibnu Taimiyah
Sementara itu, Deputi bidang Media Kementerian Agama Arab Saudi Dr Rasyid Az-Zahrani, yang juga hadir dalam perbincangan itu, menyebutkan sikap mulia Ibnu Taimiyah yang dapat dicontoh. Dalam dakwah Islam, Ibnu Taimiyah telah menghadapi pertentangan kuat dari seorang ahli kalam. Namun ketika orang itu meninggal dunia, Ibnu Taimiyah menanggung biaya hidup istri dan keluarganya. Ia tidak menjadikan orang yang berseberangan sebagai musuh yang harus dibenci, tetapi sebagai peluang dakwah yang berpotensi menerima jalan kebenaran.

Selain itu, penyebaran dakwah Islam juga dihambat oleh fenomena sebagian da’i yang keras dalam bersikap dan menuduh setiap orang yang ia lihat keliru sebagai ahli bid’ah. Selain mempersempit dakwah, tindakan ini menurutnya, mirip dengan orang-orang yang berlebih-lebihan dalam takfir.

“Jangan terlalu mudah menuding; ini bid’ah, itu bid’ah. Bila berlebihan, maka ini akan menjerumuskan ke dalam takfir serampangan (mengkafirkan orang yang tidak berdasar),” ujar beliau.

Menurut beliau, orang yang banyak manfaat bagi umat selama mereka bagian dari ahli Sunnah, perlu didekati dan dirangkul, bukan dijauhi. Sebab, sempitnya pandangan sebagian da’i itu telah membuat mereka terpecah-pecah dan tidak menyatu. Maka ini harus dihindari, dan hendaknya berusaha untuk lebih lapang dada dan terbuka. Ia berharap bila umur panjang, tidak lagi menyaksikan perpecahan di antara mereka.

“Saya berharap bila umur panjang, dan kita bertemu lagi dua atau tiga tahun lagi, saya tidak menjumpai lagi perpecahan di antara salafi,” ujar beliau penuh harap
[gemarakyat.id]

Lagi Viral: Surat Terbuka Untuk Abdul Somad LC "Wahai Ustadz Tak Berjenggot"


Jadilah peran dalam suatu perjuangan umat dan jangan hanya jadi penonton, sungguh rugi diakhirnya nanti.

3 comments

Jika beda pendapat atau beda mazhab harus berlapang dada, jangan membid'ah bid'ahkan dan mengkafir kafirkan

Shodaqta ya sheikh jiilan... Smoga para dai salafi menerima nasihat dr beliau dg ikhlash tanpa nggrundhel dan merubah cara dakwah dg cara yg lbh santun..

ane berharap smg yazid, khalid, syafiq, zainal abdn, abdat, piranda dan badrussalam mndengarkannya, dan bertobat dari umbar kata bidah tanpa pikir & tanpa ilmu